Lebaran di Lapas Banyuasin, Pengunjung Meningkat 20x Lipat

Share:

Banyuasin, INFO_PAS – Hari pertama Idulfitri 1 Syawal 1439 Hijriah atau bertepatan dengan Hari Jumat (15/6), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banyuasin ramai dikunjungi oleh keluarga dan kerabat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Tercatat sebanyak 1.259 pengunjung memadati Lapas Banyuasin pada hari pertama Lebaran kali ini atau meningkat dua 20 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Kepala Lapas Banyuasin, Reza Yudhistira Kurniawan, mengatakan pihaknya memfasilitasi seluruh WBP yang ingin bersilaturahmi dengan sanak saudaranya. “Kami tidak membatasi jumlah pengunjung karena Idulfitri adalah hari yang spesial bagi umat muslim. WBP pasti sangat bahagia dan terobati rindunya bila dapat berjumpa dengan keluarga dan kerabatnya di hari yang penuh berkah ini,” ujarnya.

Meski tidak membatasi jumlah anggota keluarga WBP yang berkunjung, petugas Lapas Banyuasin tetap membatasi waktu kunjungan, yaitu selama 30 menit, untuk mengontrol dan mengurangi kepadatan pengunjung yang ingin masuk.

penggunaan stempel ultra violet

Dalam melayani kunjungan, Lapas Banyuasin juga menyediakan tenda dan kursi-kursi untuk tempat mendaftar sekaligus menunggu giliran masuk. Pengunjung akan terlebih dahulu didata, diperiksa identitas, serta digeledah barang bawaannya sebelum masuk ke dalam lapas. Selain itu juga, untuk memperketat pengawasan lalu lintas pengunjung, Lapas Banyuasin melakukan inovasi penggunaan stempel ultra violet (UV) bagi pengunjung ketika melewati pintu utama.

“Setiap pengunjung yang masuk akan kami stempel UV di lengannya. Stempel ini hanya bisa dideteksi menggunakan sinar dari lampu ultra violet sehingga mempermudah petugas untuk memastikan yang keluar nanti itu betul-betul pengunjung,” terang Reza.

Selama kunjungan Lebaran, Lapas Banyuasin memberlakukan dua kali waktu kunjung dalam sehari, yaitu pukul 09.00-11.30 WIB dan 13.30-16.30 WIB.

 

 

Kontributor: Deradi Harsi

Lebaran di Lapas Banyuasin, Pengunjung Meningkat 20x Lipat | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya