Narapidana Lapas Medan Dipindahkan ke Lapas Super Maximum Security, Nusakambangan

Narapidana Lapas Medan Dipindahkan ke Lapas Super Maximum Security, Nusakambangan

Medan, INFO_PAS – Sebanyak tiga narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Karanganyar Super Maximum Security, Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah, Rabu (1/12). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatra Utara, Imam Suyudi, mengungkapkan pemindahan tersebut merupakan langkah lanjutan dalam upaya Back to Basic Pemasyarakatan dan mengurangi angka overcrowded di Lapas.

“Pemindahan ini dilakukan berdasarkan surat dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) tentang pemindahan ketiga narapidana tersebut. Dalam pemindahan ini, kami juga bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum lainnya sesuai Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju yang dicetuskan Dirjenpas,” kata Imam.

Proses pemindahan sendiri dilakukan sejak Selasa (30/11) dini hari dengan pengawalan ketat dari Divisi Pemasyarakataan Sumatra Utara, petugas Lapas Medan dan Lapas Pematang Siantar, serta Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Sumatera Utara. Terbang dari Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan menuju Bandar Udara Internasional Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, para narapidana dan tim pengawalan langsung beranjak ke Pelabuhan Wijayapura Cilacap untuk menyeberang ke Pelabuhan Sodong, Nusakambangan.

“Sekira pukul 17.40 WIB, narapidana dan tim pengawalan telah tiba di Nusakambangan, langsung berangkat menuju Lapas Karanganyar, dan tiba di sana pada malam harinya. Kami pastikan narapidana yang dipindahkan telah melalui asesmen serta tiba di Nusakambangan dalam keadaan sehat dan situasi kondisi aman dan kondusif,” tambah Imam.

Lebih lanjut, Imam mengungkapkan pemindahan narapidana berjalan tanpa adanya gangguan yang berarti karena berpegang teguh pada SOP sehingga pemindahan berjalan dengan aman dan tertib. (rk/dz)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0