Program Silanting, Cara Rutan Kebumen Dengar Aspirasi Warga Binaan

Kebumen, INFO_PAS – Pelayanan dan pembinaan yang humanis dan responsif bagi Warga Binaan menjadi fokus Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kebumen. Untuk itu, Kamis (2/10), melalui program unggulan Sistem Layanan Terpadu Keliling (Silanting), petugas menyambangi blok hunian untuk menyerap langsung aspirasi dan keluhan Warga Binaan.
Program Silanting kali ini dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Ahmad Sukatmo, bersama Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Anas Syaefudin, beserta jajaran staf. Mereka berkeliling ke blok hunian Warga Binaan untuk mendengarkan kebutuhan dan permasalahan yang dirasakan Warga Binaan.
Ahmad Sukatmo menegaskan bahwa Silanting merupakan salah satu strategi Rutan Kebumen dalam meningkatkan kualitas pelayanan. “Program ini menjadi sarana bagi kami untuk mendengar langsung aspirasi Warga Binaan dan mencarikan solusi terbaik atas berbagai persoalan yang ada,” ujarnya.
Senada, Anas Syaefudin menyampaikan bahwa Silanting juga berperan penting dalam membangun kepercayaan Warga Binaan terhadap petugas. “Dengan adanya Silanting, Warga Binaan merasa dihargai karena suaranya didengar. Hal ini berdampak pada meningkatnya kepercayaan mereka kepada petugas Rutan,” ungkapnya.
Salah satu Warga Binaan, Dwi, menyampaikan bahwa Silanting memberikan manfaat besar bagi dirinya dan rekan-rekannya. “Saya senang bisa menyampaikan aspirasi dan keluhan langsung kepada petugas. Dengan adanya Silanting, saya merasa lebih nyaman dan aman berada di Rutan karena keluhan kami ditindaklanjuti,” katanya.
Rutan Kebumen memastikan program Silanting akan terus dilaksanakan dan dikembangkan untuk memperkuat pelayanan, menciptakan suasana hunian yang kondusif, serta menjadi contoh praktik baik dalam penyerapan aspirasi Warga Binaan di lingkungan Pemasyarakatan. (afn)
Kontributor: Humas Rutan Kebumen
What's Your Reaction?






