Tingkatkan Pelayanan Publik, LPKA Medan Siapkan Petugas Berkemampuan Bahasa Isyarat

Tingkatkan Pelayanan Publik, LPKA Medan Siapkan Petugas Berkemampuan Bahasa Isyarat

Medan, INFO_PAS - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Medan mengirim salah satu petugasnya, Intan Permata Hati, untuk mengikuti pelatihan bahasa isyarat, Selasa (19/9). Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatra Utara bekerja sama dengan Gerakan Kesejahteraan untuk Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Provinsi Sumatra Utara.

Kepala LPKA Medan, Tri Wahyudi, berharap dengan adanya kegiatan ini kualitas layanan publik di LPKA Medan lebih baik lagi sehingga memberi kenyamanan dan kepuasan kepada masyarakat. "Saat ini ada banyak kaum disabilitas di Indonesia. Untuk itu, perlu adanya dukungan program dan kegiatan yang mengacu pada asas kesetaraan hak. Bahasa isyarat perlu dipahami petugas Pemasyarakatan dalam melayani masyarakat," kata Tri.

Ia menilai momentum pelatihan bahasa isyarat yang dilatih langsung oleh Gerkatin ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik karena merupakan upaya meningkatkan kemampuan petugas LPKA Medan, khususnya dalam pelayanan publik kepada masyarakat kaum difabel. "Semoga petugas kami mengikuti dengan baik sehingga bisa berkomunikasi dengan masyarakat yang berkebutuhan khusus tanpa harus memerlukan bantuan pihak lain untuk menjelaskan sehingga apa yang disampaikan dapat dimengerti dan dilayani dengan cepat," harap Tri.

Sementara itu, Nia Erika Panggabean dari Bidang II Pendidikan dan BISINDO DPD Gerkatin Provinsi Sumatra Utara selaku narasumber sangat bersemangat memberikan pelatihan bagi setiap peserta yang hadir secara langsung maupun virtual. “Saya sangat bersemangat melihat antusiasme bapak/ibu dalam mengikuti pelatihan ini. Saya berharap melalui pelatihan ini akan makin banyak kaum difabel yang mendapatkan pelayanan Pemasyarakatan,” ujarnya.

Sebelumnya, pealtihan tersebut dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Alex Cosmas Pinem. Diharapkan pelatihan tersebut menciptakan pelayanan yang baik, tidak diskrimatif, cepat, dan berkualitas. (IR)

 

Kontributor: LPKA Medan

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0