30 Narapidana Rutan Ambon Dipindah ke Lapas Ambon

30 Narapidana Rutan Ambon Dipindah ke Lapas Ambon

Ambon, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Ambon memindahkan 30 narapidana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Kamis (5/11). Pemindahan ini dilakukan demi mencegah over kapasitas serta membludaknya tahanan dan narapidana di dalam kamar hunian Rutan Ambon.

 

Kepala Rutan Ambon, Wahyu Nurhayanto, mengungkapkan perpindahan narapidana ke Lapas Ambon dilaksanakan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan dimana sebelum narapidana dipindahakan telah dilakukan rapid test oleh tim Gugus Tugas Coronavirus disease (COVID-19) Provinsi Maluku dimana hasilnya nonreaktif. “Kami benar-benar memperhatikan kesehatan narapidana sebelum dipindahkan mengingat sekarang sedang dihadapkan dengan pandemi COVID-19 sehingga hal ini benar-benar kami perhatikan,” tegas Wahyu.

 

Ia juga menjelaskan perpindahan 30 narapidana ke Lapas Ambon, selain untuk mencegah over kapasitas, juga untuk mengurangi jumlah penghuni di dalam rutan mengingat Rutan Ambon akan melaksanakan rehabilitasi bangunan kantor. “Kami butuh ruang kosong untuk menampung Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalam rutan,” tambah Wahyu.

 

Pemindahan ini dibenarkan Kepala Lapas Ambon, Saiful Sahri. “Hari ini kami telah terima 30 narapidana dari Rutan Ambon, yaitu 11 orang dengan kasus narkotika dan 19 orang dengan tindak pidana umum dengan masa pidana di atas satu tahun sebanyak 29 orang dan di bawah satu tahun sebanyak satu orang,” urai Saiful.

Ia mengatakan pemindahan ini dilakukan sesaui prosedur dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. “Narapidana yang dipindahkan tentunya telah dilakukan pemeriksaan rapid test terlebih dahulu dengan hasil nonreaktif dan dengan kondisi kesehatan yang baik,” terang Saiful.

 

Saat tiba Lapas Ambon, ke-30 narapidana tersebut diwajibkan menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yaitu mencuci tangan dan menggunakan masker, masuk ke dalam blik steril, serta pengukuran suhu badan. Selanjutnya, narapidana tersebut akan dilakukan pengecekan kesehatan oleh petugas klinik lapas, melakukan tes urin sebelum ditempatkan pada kamar isolasi yang telah disediakan selama 14 hari, serta akan dilakukan pemeriksaan rapid test setelah masa isolasi.

 

Narapidana Rutan Ambon yang dipindahkan ke Lapas Ambon dikawal petugas dengan menggunakan Bus Transpas. Proses pemindahan berlangsung aman dan lancar dengan pengawasan jajaran Pembinaan Narapidana dan Anak Didik, Kesatuan Pengamanan Lapas, serta petugas pengamanan Lapas Ambon. Kini, jumlah narapidana yang menjadi WBP di Lapas Ambon berjumlah 379 orang.

 

 

 

Kontributor: Hery Waikero dan Arwin R.

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0