Bebas Asimilasi, WBP Lapas Cipinang Tak Kuasa Menahan Haru

Bebas Asimilasi, WBP Lapas Cipinang Tak Kuasa Menahan Haru

Jakarta, INFO_PAS – Sembilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang tak kuasa menahan haru kala mendapatkan Asimilasi di rumah, Rabu (10/3). Mereka mendapatkan Asimilasi di rumah berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Coronavirus disease (COVID-19).

Program Asimilasi di rumah adalah sebuah solusi yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dalam mengatasi penyebaran COVID-19 di dalam lapas dan rutan serta mengatasi overcrowded hunian di dalam lapas dan rutan.

Haryoto selaku Pelaksana Harian Kepala Lapas Cipinang berpesan kepada WBP bahwa program Asimilasi di rumah ini bukanlah bebas sepenuhnya, namun ada syarat dan ketentuan yang wajib diketahui bahwa mereka menjalani sisa masa hukumannya di rumah dengan pengawasan Balai Pemasyarakatan, Kepolisian, dan masyarakat. "Jangan berbuat tindakan yang melanggar hukum dan meresahkan di tengah-tengah masyarakat di masa pandemi saat ini,” pesannya.

Sebagai salah satu bentuk rasa syukur, para WBP melakukan sujud syukur. “Saya berterima kasih kepada Lapas Cipinang sehingga bisa mengikuti program Asimilasi di rumah ini. Alhamdulillah, saya tidak dipungut biaya dan tentunya saya akan jaga diri agar tidak berhubungan dengan hukum lagi. Kapok saya,” ucap salah satu WBP, Asep Hardiyansah. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Cipinang

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
5
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1