Demi Lolos WBK, Petugas Bapas Pati Dilatih Service Excellent

Demi Lolos WBK, Petugas Bapas Pati Dilatih Service Excellent

Pati, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pati melaksanakan pelatihan bagi petugas guna meningkatkan kualitas layanan sebagai tindak lanjut lolosnya Bapas Pati dalam evaluasi Tim Penilaian Internal guna memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Jumat (17/7). Pelatihan Service Excellent bagi petugas Bapas Pati ini dilaksanakan dengan menggandeng Bank Syariah Mandiri Cabang Pati.

Tutur hadir Kepala Bapas (Kabapas) Pati, Muhamad Nurseha, jajaran Bank Syariah Mandiri yang terdiri dari Ayun Kurniawan selaku Kepala Bank Syariah Mandiri Cabang Pati, Rusyadi dari Bagian Produk, Yuni dari Bagian Konsumen, Allay dari Bagian Kepegawaian Sumber Daya Insani, Hasbi dan Rica selaku narasumber, serta pejabat struktural, Pembimbing Kemasyarakatan, dan staf administrasi Bapas Pati.

“Semoga dapat memberikan manfaat terhadap kinerja pelayanan Bapas Pati terkait tugas pokok sehari-hari dengan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan harapan publik, yakni menghasilkan pelayanan yang optimal. Kita harus bisa sejajar dengan sektor swasta maupun BUMN, khususnya perbankan yang telah menjadi contoh bagi pelayanan yang dapat menciptakan service excellent,” harap Nurseha.

Ia mengatakan saat ini institusi pemerintah, khususnya kementerian/lembaga, belum mampu memberikan pelayanan yang dapat disejajarkan dengan pelayanan dunia perbankan. “Ini menjadi motivasi kami agar bisa memberikan service excellent seperti yang dilakukan dunia perbankan,” tambah Nurseha.

Lebih lanjut, ia menerangkan tujuan umum pelatihan ini adalah meningkatkan mutu pelayanan di Bapas Pati. “Dengan training service excellent diharapkan dapat terbangun kenyamanan dalam pelayanan dan menyeragamkan persepsi semua jajaran petugas Bapas Pati tentang cara memberikan pelayanan yang melebihi harapan publik,” harap Nurseha.

Kepala Bank Syariah Mandiri, Ayun, menerangkan kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya dengan Kepala Bapas (Kabapas) Pati. “Nanti ada beberapa sharing yang akan dilakukan, khususnya mengenai service execellent. Service execellent setiap instansi mempunyai standar masing-masing. Di tempat kami service execellent tetap berjalan sesuai prosedur tetap (protap), kami review tiap tiga bulan agar dapat dilihat perkembangannya. Semoga dapat bermanfaat, khususnya Bapas Pati, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terang Ayun.

Selanjutnya, materi training service execellent disampaikan Hasbi dan pengenalan produk Bank Syariah Mandiri oleh Yuni sekaligus tanya jawab interaktif dan praktik langsung memberikan pelayanan publik yang baik oleh petugas Bank Syariah Mandiri.

Di akhir kegiatan, Kabapas Pati mengharapkan Bank Syariah Mandiri dapat memberikan tips kepada petugas Bapas Pati agar dapat selalu konsistensi dalam service excellent pelayanan terhadap publik. Kepala Bank Syariah Mandiri pun memberikan tip agar selalu konsistensi dalam kinerja pelayanan.

“Kalau di tempat kami, setiap dua kali dalam sepekan diadakan role play agar teman-teman terus merasa dan membiasakan pekerjaan yang dilakukan. Walau rutinitas sudah melaksanakan pekerjaan sehari-hari, tetap praktik ulang lagi atas pekerjaan rutin tersebut agar selalu berdasar protap yang telah ditetapkan. Jangan sampai pekerjaan sehari-hari yang telah dilakukan imenyimpang dari protap yang telah ditetapkan,” pesan Ayun.

Kegiatan ditutup dengan pemberian cinderamata dari Bank Syariah Mandiri kepada petugas Bapas Pati yang aktif dalam tanya jawab.

 

 

Kontributor: Bapas Pati

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0