Kadivpas DIY Sambangi Lapas Yogyakarta

Kadivpas DIY Sambangi Lapas Yogyakarta

Yogyakarta, INFO_PAS - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) D.I. Yogyakarta, Gusti Ayu Putu Suwardani, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Minggu (4/4). Gusti Ayu mengawali sidak dengan melakukan pengecekan terhadap kesiapsiagaan petugas jaga. Ia mengajak seluruh jajaran Lapas Yogyakarta yang sedang bertugas untuk meningkatkan kewaspadaan pada hari libur.

 

"Pada hari libur panjang seperti sekarang ini kita tidak boleh lengah. Selalu lakukan kontrol titik-titik rawan yang berpotensi untuk disalahgunakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Jangan sampai ada pelemparan barang terlarang dari luar dan jangan sampai terjadi pelarian WBP memanfaatkan kelengahan petugas,” pesannya.

 

Gusti Ayu kemudian menemui beberapa WBP untuk melakukan pengecekan pelayanan yang telah diberikan petugas kepada WBP. Salah satu yang menjadi objek pengecekan adalah cadong makan yang telah sesuai dengan menu 10 harian yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil sidak tersebut, dapat dipastikan Lapas Yogyakarta dalam keadaan aman dan terkendali.

Pada hari dan di tempat yang sama, Gusti Ayu mempimpin rapat persiapan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) bersama seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan wilayah D.I. Yogyakarta. Sebelumnya, pada Kamis (1/4) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah menerbitkan surat pemberitahuan serta buku pedoman pelaksanaan HBP Ke-57. Gusti Ayu pun mengajak seluruh jajaran Pemasyarakatan D.I. Yogyakarta untuk melakukan koordinasi agar rangkaian acara bisa berjalan dengan lancar.

 

Rapat tersebut untuk memastikan persiapan tiga kegiatan inti yang akan dilaksanakan dalam rangkaian HBP Ke-57 di lingkungan Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta, yakni Zikir Akbar Asmaul Husna, Peresmian Lapas Perempuan Yogyakarta, dan Deklarasi Stop Narkoba Menuju Lapas Bersinar berjalan lancar. Selain itu, terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan serentak secara nasional, yaitu razia bersama aparat penegak hukum terkait, donor darah dan donor plasma konvalesen, Synergies Modern Art Festival (SMART FEST), Safari Ramadan, webinar, baksos "Dari Pemasyarakatan untuk Indonesia", 1 Day 1 Prison Product, dan ditutup dengan upacara Peringatan HBP ke-57 Tahun 2021.

 

Gusti Ayu berpesan kepada seluruh peserta rapat untuk meningkatkan sinergi seluruh jajaran Pemasyarakatan D.I. Yogyakarta. "Persiapkan setiap rangkaian kegiatan peringatan HBP Ke-57 dengan matang dan maksimal, tingkatkan sinergi jajaran Pemasyarakatan untuk mempermudah komunikasi dan pelaksanaan kegiatan, serta jangan lupa untuk selalu melibatkan dan merangkul media agar seluruh kegiatan bisa terpublikasikan kepada masyarakat,” pesannya. (IR)

 

 

 

Kontributor: Divpas DIY

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0