Kakanwil DKI Jakarta & Para Kadiv Berikan Pengarahan di LPKA Jakarta

Kakanwil DKI Jakarta & Para Kadiv Berikan Pengarahan di LPKA Jakarta

Jakarta, INFO_PAS - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta kedatangan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Liberti Sitinjak, Selasa (16/6). Ia datang beserta Ceno Hersusetiokartiko selaku Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi (Ceno), Edi Kurniadi selaku Kadiv Pemasyarakatan, Sutirah selaku Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM (Sutirah), serta Kadiv Imigrasi, Amran Aris.

Memasuki LPKA Jakarta, Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta langsung disambut Komandan Regu Pengawas yang memberikan laporan jumlah Anak sebanyak 54 orang serta personel LPKA Jakarta dalam jumlah lengkap. Lalu, kepada Kakanwil, Kepala LPKA Jakarta, Totot Benny, memberikan laporan terkini seputar LPKA Jakarta mulai dari jumlah petugas serta sejarah LPKA Jakarta.

“LPKA Jakarta memiliki jumlah 99 petugas, termasuk yang diperbantukan di KPK satu orang. Dulu LPKA Jakarta beralamat di Salemba, namun per tahun 2020 berpindah lokasi ke Cinere,” terang Benny.

Selanjutnya, Kadiv Administrasi, Ceno Hersusetiokartiko, berkesempatan memberikan arahan mengenai hak-hak dan disiplin pegawai. “Saat ini seluruh proses usulan mengenai hak-hak pegawai, seperti kenaikan pangkat, gaji berkala, pensiun, dll tidak perlu lagi mengirimkan usulan fisik ke kanwil. Cukup memutakhirkan data SIMPEG masing-masing pegawai, maka semua akan bekerja otomatis,urainya.

Arahan selanjutnya disampaikan Kadiv Pemasyarakatan, Edi Kurniadi, yang menyampaikan pesan kepada jajaran LPKA Jakarta untuk menjadi orangtua bagi AnakPerlakukan mereka seperti anak-anak kita sendiri. Untuk petugas, berkelakuanlah seolah-olah kalian kakaknya, bahkan orangtuanya,” kata Edi.

Pada kesempatan yang sama, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Sutirah, menawarkan bantuan penyuluhan hukum kepada LPKA Jakarta. “Di sini banyak anak-anak. Bila membutuhkan narasumber untuk anak-anak, bersuratlah kepada Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta karena kami mempunyai penyuluh-penyuluh gratis. Bila membutuhkan bantuan hukum, kami akan berikan cuma-cuma bagi yang tidak mampu,janji Sutirah.

Bahkan, ia juga menawarkan jasa perancang Memorandum of Understanding (MoU). “Jika teman-teman di LPKA Jakarta mau membuat MoU, kami juga bisa membantunya karena kami memiliki perancang-perancang MoU yang tidak berbayar,lanjut Sutirah.

Kadiv Imigrasi, Amran Aris, berjanji membantu LPKA Jakarta memberikan barang-barang penunjang sarana dan prasarana serta memberikan penguatan-penguatan kepada petugas LPKA Jakarta dalam bentuk pendidikan dan pelatihan dan lainnya. Hal ini pun disambut meriah seluruh jajaran LPKA Jakarta.

Pengarahan terakhir disampaikan Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Liberti Sitinjak. Ia mengajak seluruh Kadiv untuk ikut di setiap kunjungan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau instansi lainnya. Saya tidak pernah membiasakan diri datang sendiri. Saya kalau datang ke UPT-UPT harus full team. Dengan begini akan membangun rasa sense of belonging antara Pimpinan Tinggi serta menumbuhkan semangat untuk melakukan aktivitas,” tuturnya.

Kakanwil juga menyampaikan agar jajarannya yang terkena Coronavirus disease (COVID-19) tidak malu menyampaikan kepada dokter LPKA. Dalam fase new normal ini kita jangan malu kalau kena COVID-19 karena penyakit itu bukanlah aib. Langsung sampaikan ke dokter di LPKA agar bisa melakukan tindakan selanjutnya,” pesan Liberti.

 

 

Kontributor; LPKA Jakarta

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0