Kalapas Narkotika Karang Intan Pimpin Pembersihan Lahan Sekitar Lapas

Kalapas Narkotika Karang Intan Pimpin Pembersihan Lahan Sekitar Lapas

Karang Intan, INFO_PAS - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Sugito, memimpin jajarannya dalam kegiatan pembersihan lahan sekitar lapas, Sabtu (15/2). Rumput-rumput yang semakin rimbun serta semak belukar yang semakin lebat dan menutupi jalur menuju pos atas menjadi salah satu alasan kegiatan bersih-bersih lingkungan ini dilakukan.

 

“Kegiatan ini selain sebagai pembersihan jalur dan lingkungan lapas, juga wujud implementasi Resolusi Pemasyarakatan,” ucap Sugito.

 

Nantinya , ahan itu akan dibersihkan untuk dibuka lahan pertanian. “Kami siapkan untuk ditanami tanaman pangan sesuai dengan salah satu poin yang ada pada Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020, yakni mewujudkan ketahanan pangan melalui penanaman tanaman pangan seluas 100 hektar,” tambah Kalapas.

 

Pembersihan lingkungan luar Lapas Narkotika Karang Intan dimulai dari masing-masing sisi luar menuju jalur belakang lapas. Menggunakan mesin pemotong rumput, parang, cangkul, dan perlengkapan kebersihan lainnya, petugas saling bantu dalam bekerja. Kepala Kesatuan Pengalaman Lapas, Rustam Efendy, mengatakan partisipasi semua petugas dalam kegiatan kebersihan ini karena jalur menuju pos atas sangat berbahaya jika tidak dibersihkan.

 

“Musim hujan, semak belukar semakin tinggi. Bahaya jika banyak hewan liar dan ular pada jalur menuju pos atas. Oleh karena itu, kami libatkan petugas yang tidak mempunyai kesibukan di Sabtu pagi ini,” ungkapnya.

 

Kegiatan ini juga melibatkan 19 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tamping dengan pengawalan yang dilakukan petugas pengamanan. “Karena kegiatan hari ini juga melibatkan WBP, maka petugas diharapkan ikut mengawasi mereka yang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan,” tambah Rustam.

 

 

 

 

Kontrbutor: Arbiansyah

 

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0