Lapas Lahat Fasilitasi Anak Tahanan Ikuti UAS TA 2023/2024

Lapas Lahat Fasilitasi Anak Tahanan Ikuti UAS TA 2023/2024

Lahat, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lahat fasilitasi seorang anak tahanan untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) Tahun Ajaran 2023/2024. Ujian ini diselenggarakan oleh SMKN 4 Lahat selama dua hari dengan total delapan mata pelajaran.

Ujian sekolah tak hanya menjadi momen penting bagi siswa di bangku sekolah, tapi juga bagi anak-anak yang tengah menjalani masa tahanan. Meskipun berada di balik jeruji besi, hak untuk menempuh pendidikan dan mengikuti ujian sekolah tetap dijamin bagi para tahanan anak.

Kepala Lapas Lahat, Imam Purwanto, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan hak pendidikan kepada seluruh anak tahanan yang berada di Lapas diatur dalam Undang-Undang Pemasyarakatan dan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak. "Kami ingin memastikan anak-anak tahanan tetap mendapatkan hak pendidikannya meskipun mereka sedang menjalani masa tahanan," tegasnya, Kamis (21/3).

Diketahui, Anak tahanan berinisial DN merupakan siswa kelas XII di SMKN 4 Lahat. DN mengikuti UAS didampingi satu pengawas dari SMKN 4 Lahat dan Kepala Subseksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan.

“Saya menyesal, masih mau sekolah, dan ingin punya masa depan yang lebih baik,” ucap DN saat melaksanakan UAS.

Pelaksanaan ujian sekolah di Lapas Lahat merupakan bukti bahwa hak pendidikan bagi anak-anak tetap terjaga, bahkan bagi mereka yang tengah menjalani masa tahanan. Hal ini diharapkan memberikan motivasi bagi para tahanan anak untuk tetap semangat belajar dan meraih masa depan yang lebih cerah. (IR)

 

Kontributor: Lapas Lahat

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0