Lapas Saparua Kembali Fasilitasi Sidang Online Tahanan AIII

Lapas Saparua Kembali Fasilitasi Sidang Online Tahanan AIII

Saparua, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saparua kembali fasilitasi sidang online bagi tahanan AIII, Selasa (14/9). Pelaksanaan sidang online ini menghubungkan tahanan ke Pengadilan Negeri (PN) yang dituju sesuai tahapan dan alur persidangan.  

Kegiatan sidang dimulai mulai 14.15 WIT. Sebanyak empat tahanan Lapas Saparua melaksanakan sidang online didampingi Kepala Subseksi Admisi dan Orientasi, Rafel P. Wosia, dan Penelaah Status WBP. “Sidang kali ini beragendakan dakwaan terhadap kasus pencurian yang dilakukan oleh AL, MM, SM, dan MM. Namun, sidang ditunda sampai tanggal 21 September 2021 utuk menghadirkan saksi,” ungkap Rafel.

Sementara itu, Kepala Lapas Saparua, Ernes Leonard Laturette, mengatakan sesuai keputusan bersama antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Mahkamah Agung, dan Kejaksaan Agung, persidangan untuk sementara bisa dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran COVID-19 melalui kerumunan. “Untuk memperlancar jalanya proses persidangan, kami memfasilitasi dengan menyediakan komputer dan jaringan wifi yang mendukung,” urainya.

Lebih lanjut, Ernes menambahkan pelaksanaan sidang online dinilai lebih efektif dan cepat karena tahanan tak perlu dibawa keluar menuju kantor PN. “Pasti lebih cepat karena semua petugas di tempatnya masing-masing. Jaksa Penuntut Umum di kantor kejaksaan, hakim di PN, dan tahanan di Lapas atau Rutan,” pungkasnya. (IR)

 

Kontributor: Lapas Saparua

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0