LPN Jakarta Pindahkan Narapidana Hukuman Seumur Hidup & Terpidana Mati

LPN Jakarta Pindahkan Narapidana Hukuman Seumur Hidup & Terpidana Mati

Jakarta, INFO_PAS – Jajaran Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik), Pengamanan, serta Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Adkam) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jakarta saling bersinergi melaksanakan pemindahan narapidana hukuman seumur hidup dan terpidana mati, Senin (19/10) malam. Pemindahan ini dilakukan berdasarkan surat dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta nomor W.10.PK.01.05.08-777 perihal Pemindahan Narapidana tanggal 16 Oktober 2020.

Selain itu, pemindahan juga dilakukan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan nomor: PAS-15.PR.01.01 Tahun 2019 perihal Penetapan Lapas Pilot Project, Maximum Security, Medium Security, dan Minimum Security tanggal 5 April 2019. Dalam aturan ini tertera penetapan klasifikasi lapas, yaitu Lapas Kelas I, Lapas Kelas IIA, dan Lapas Kelas IIB. Maka, berat ringannya hukuman yang harus dijalani disesuaikan dengan Kelas Lapas yang akan ditempati.

Jumadi selaku Kepala Seksi Binadik Jakarta menginformasikan Lapas Narkotika Jakarta memindahkan 20 narapidana hukuman seumur hidup dan satu terpidana mati ke Lapas Kelas I Cipinang untuk mendapatkan pembinaan lebih lanjut. Proses pemindahan narapidana dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan serta syarat pemberkasan yang diperlukan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar.

“Narapidana yang dipindahkan sudah terlebih dahulu dilakukan rapid test dan hasilnya nonreaktif serta dilakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urin guna kelengkapan pemberkasan,” terang Jumadi.

Sementara itu, Kepala Subseksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan, Herizal Yusuf, menerangkan proses pemindahan dilakukan pukul 22.30 WIB menggunakan bus Transpas. “Pemindahan dilakukan dengan pengawalan jajaran Kesatuan Pengamanan Lapas, Adkam, Registrasi, dan dua dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta,” ujarnya.

Pada kesempatan berbeda, Oga Gioffanni Darmawan selaku Kepala Lapas Narkotika Jakarta membenarkan pihaknya telah memindahkan sejumlah narapidana. “Mengingat tujuan dari pelaksanaan ini adalah merapikan dan mentertibkan lapas sesuai klasifikasinya, semoga dengan pemindahan ini kondisi Lapas Narkotika Jakarta semakin tertib, aman, dan terkendali,” harap Oga.

 

 

Kontributor: Nurmala Dewi

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0