Pengadaan Sarpras Maksimalkan Pelayanan Publik Pemasyarakatan

Pengadaan Sarpras Maksimalkan Pelayanan Publik Pemasyarakatan

Kupang, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang menerima tiga Personal Computer (PC), webcam, dan printer dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Rabu (3/11). Pengadaan tersebut dikirimkan melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur untuk didistribusikan ke Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan demi menunjang tugas dan fungsi (tusi) Pemasyarakatan.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan sarana prasana bagi Lapas Kupang dan akan memaksimalkannya untuk tusi dan pelayanan masyarakat,” janji Kepala Lapas Kupang, Badarudin.

Lebih lanjutnya, ia menjelaskan di tengah kemajuan teknologi informasi saat ini tugas Pemasyarakatan telah bertransformasi dan mempersiapkan diri untuk memasuki era digitalisasi sehingga sangat membutuhkan sarana prasarana dalam melakukan pelayanan maksimal kepada masyarakat “Tusi Pemasyarakatan telah beralih menggunakan teknologi informasi. Pengadaan ini merupakan dukungan terhadap kami di lapangan agar pelayanan Pemasyarakatan dapat dilaksanakan berbasis teknologi informasi sehingga menjadi singkat, cepat, dan tepat,” terang Badarudin.

Sementara itu, Kepala Urusan Umum, Zeinal, mengatakan setelah dilakukan serah terima, PC, webcam, dan printer tersebut akan dialokasikan ke bidang tugas yang membutuhkan dan akan diinventarisir. “Secepatnya akan kami bagikan ke bidang tugas yang kekurangan, seperti Kepegawaian, Keuangan, dan Operator Barang Milik Negara (BMN). Kami juga akan lakukan pendataan dan inventaris melalui aplikasi SIMAK BMN,” pungkas Zeinal. 

Pengadaan sarana prasaran yang sama diterima Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon berupa PC, printer, dan webcam, Kamis (4/11). Tiga PC masing-masing satu unit akan ditempatkan di ruang layanan kunjungan yang akan digunakan pengunjung saat melakukan titipan barang untuk melakukan video call dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalam Rutan, satu unit di ruang sidang online, dan satu unit di bagian keuangan.

Kepala Rutan Ambon, Jose Quelo, menjelaskan penambahan sarana prasarana dari Ditjenpas sangatlah membantu sehingga ia berharap barang yang diberikan selalu dijaga dan dirawat dengan baik. “Semoga dengan ditempatkannya sarana prasarana tersebut dapat memudahkan dan lebih meningkatkan kinerja petugas Rutan Ambon dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat maupun WBP,” harap Jose.

Sementara itu, Kepala Subseksi Pengelolaan, Ali Sia, menuturkan barang-barang yang dikirim Ditjenpas akan didata, dimasukkan dan diinventariskan ke dalam BMN, serta ditempelkan kode barang untuk dimasukkan ke dalam aplikasi SIMAK BMN guna mencegah terjadinya kesalahan saat melakukan pelaporan. “Terima kasih kepada Ditjenpas. Semoga penambahan sarana prasarana ini mendorong kinerja kami dan makin berinovasi lagi,” ucap Ali. (IR)

 

Kontributor: Lapas Kupang, Rutan Ambon

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0