Penuhi Syarat, 6 Narapidana Lapas Sampit Dapat Asimilasi di Rumah

Penuhi Syarat, 6 Narapidana Lapas Sampit Dapat Asimilasi di Rumah

Sampit, INFO_PAS – Enam narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit memperoleh program Asimilasi di rumah, Senin (26/7). Mereka telah memenuhi syarat sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 24 Tahun 2021 sebagai pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19.

Kepala Lapas Sampit, Agung Supriyanto, menjelaskan keenam narapidana ini memperoleh Asimilasi di rumah dikarenakan telah memenuhi syarat administratif berupa kelengkapan berkas, telah memasuki syarat perhitungan setengah dan sepertiga masa pidana, serta telah adanya Penelitian Kemasyarakatan dari Balai Pemasyarakatan (Bapas). Mereka juga telah memenuhi syarat substantif berupa adanya perubahan perilaku menuju ke arah kebaikan, tertib mengikuti program pembinaan, dan tidak pernah mendapatkan hukum disiplin selama menjalani pidana di Lapas Sampit.

Sebelumnya, Lapas Sampit telah mengeluarkan 43 narapidana laki-laki dan lima narapidana perempuan untuk menjalani program Asimilasi di rumah. “Hari ini bertambah enam orang narapidana pria sehingga total berjumlah 48 narapidana,” terang Agung.

Keenam narapidana tersebut langsung diserahterimakan dari Lapas Sampit kepada Bapas Sampit sebagai Bapas pembimbing dan pengawas selama mereka menjalani program Asimilasi di rumah. Dilangsungkan pula pemberian arahan, baik kepada keenam narapidana maupun keluarga penjemput, tentang ketentuan yang harus mereka jalani, larangan yang tidak boleh dilakukan, serta konsekuensi yang didapat apabila tidak melaksanakan ketentuan, bahkan melakukan pelanggaran selama menjalani program Asimilasi di rumah.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan disambut suka cita, baik oleh para narapidana maupun keluarga mereka. Mereka juga mengucapkan terima kasih atas pemberian program Asimilasi di rumah ini serta berjanji akan mematuhi segala ketentuan dan tidak akan melanggar larangan selama menjalani program berlangsung. (IR)

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0