Peroleh PB & Asimilasi di Rumah, Ini Pesan Bagi WBP

Peroleh PB & Asimilasi di Rumah, Ini Pesan Bagi WBP

Takalar, INFO_PAS - Sebanyak 23 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Takalar, Rabu (5/1) Dua WBP memperoleh Pembebasan Bersyarat (PB) dan 21 WBP memperoleh Asimilasi di rumah berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) RI Nomor 43 tahun 2021.

Kepala Lapas Takalar, Rasbil, berpesan agar WBP yang memperoleh Asimilasi dan PB tak melakukan kesalahan yang membuat mereka kembali ke Lapas. Ia juga menyampaikan agar WBP memanfaatkan ilmu yang diperoleh lewat program pembinaan di Lapas.

“Jadikan ilmu yang kalian peroleh selama berada di Lapas, baik pembinaan kepribadian atau kemandirian, sebagai motivasi saat kembali ke lingkungan kalian. Selain itu, saya harapkan kalian bisa mendukung Lapas Takalar. Jangan jadi pengkhianat dan jaga nama baik organisasi kami,” pinta Rasbil

Pada kesempatan yang sama, salah seorang WBP yang memperoleh Asimilasi, Ardiyanto., menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas pembinaan selama berada di Lapas. “Saya sangat bersyukur bisa mengikuti program ini tanpa pungutan biaya. Saya juga berterima kasih atas pembinaan yang telah diberikan kepada kami selama ini. Saya berharap ilmu yang saya miliki saat ini bisa saya gunakan untuk memperbaiki citra saya saat kembali ke tengah lingkungan masyarakat,” harapnya.  

Di tempat berbeda, lima WBP Lapas Kelas IIB Sampit menjalani program Asimilasi di rumah berdasarkan Permenkumham RI Nomor 43 Tahun 2021, Selasa (4/1). “Permenkumham ini mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 2022 hingga 30 Juni 2022, namun dapat dilakukan pencabutan sewaktu-waktu apabila COVID-19 tidak ada lagi,” terang Kepala Lapas Sampit, Agung Supriyanto.

Selanjutnya, Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik, Suhaimi, menyerhakan kelima WBP kepada Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Sampit selaku Bapas pembimbing dan pengawas selama mereka menjalani program Asimilasi di rumah. "Saya berpesan kepada kalian semua untuk melaksanakan ketentuan/kewajiban serta jangan langgar ketentuan yang berlaku atau kami lakukan pencabutan Surat Keputusan Asimilasi di rumah dan kalian harus masuk ke Lapas Sampit kembali," tegasnya.

Kelima narapidana penerima program ini merasa senang karena dapat kembali berkumpul dengan keluarganya. Mereka akan mematuhi ketentuan, menjalankan kewajiban, termasuk wajib lapor kepada Bapas Sampit seraya berjanji tidak akan melakukan pelanggaran ketentuan program Asimilasi di rumah. (IR)

 

 

Kontributor: Lapas Takalar, Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0