Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

Rehabilitasi Mental Spiritual Ubah Akhlak Narapidana

Share:

Bandar Lampung, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Bandar Lampung menerapkan rehabilitasi mental spiritual bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai terapi rehabilitasi di dalam lapas. Terbukti ampuh, rehabilitasi mental spiritual yang diterapkan berdampak sangat signifikan terhadap perilaku dan mental narapidana kasus penyalahguna narkoba.

“Tak hanya penguatan mental, kegiatan ini juga mengubah akhlak dan perilaku narapidana menjadi lebih baik,” tutur petugas pembimbing kerohanian Lapas Narkotika Bandar Lampung, Nova Setiawan, kepada INFO_PAS, Selasa (12/2).

Nova menjelaskan pihak lapas menyiapkan blok hunian khusus bagi santri WBP yang mengikuti program rehabilitasi mental spiritual dengan nama blok kamar Taklim. Adapun agenda kegiatan rehabilitasi yang dilaksanakan meliputi salat fardu berjamaah, dzikir bersama, holaqoh Quran, tanya jawab, serta ceramah agama yang dilaksanakan rutin setiap harinya.

Kepala Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan Lapas Narkotika Bandar Lampung, Rini Legitasari, menekankan pentingnya melakukan pendekatan dan memberikan penguatan mental WBP melalui sisi keagamaan. Menurutnya, setiap orang yang telah salah melangkah pasti ingin memperbaiki kesalahan dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik .

“Kami berusaha menyentuh hati mereka lewat agama,” ucap Rini

“Dengan program rehabilitasi mental spiritual ini, kami menjemput hidayah dengan memberikan penguatan mental dan pengetahuan tentang keagamaan kepada narapidana,” tambahnya.

Rehabilitasi Mental Spiritual Ubah Akhlak Narapidana | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya