Satgas Kamtib Maluku Pastikan Cabrutan Namlea Aman Sambut Lebaran

Share:

 

Namlea, INFO_PAS – Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) terhadap seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan blok hunian di Cabang Rumah Tahanan Negara (Cabrutan) Namlea, Senin (13/5). Tujuannya untuk memastikan Cabrutan Namlea aman menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Satgas Kamtib Maluku Pastikan Cabrutan Namlea Aman Sambut Lebaran

Sidak yang dikemas dalam bentuk safari Ramadhan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Frans Elias Nico.

“Sidak kali ini agak berbeda, kita kemas dalam bentuk safari ramadhan jadi bukan hanya penggeledahan tapi ada kegiatan Tausyiah, ada pengenalan aplikasi Sisumaker, ada briefingnya juga,” kata Nico.

“Semua ini kami lakukan semata untuk memastikan Cabrutan Namlea tetap aman selama bulan ramadhan dan dalam menyambut hari raya idul fitri 1440 Hijriah,” lanjutnya.

Dalam arahanya kepada seluruh jajaran Cabrutan Namlea, Nico mengingatkan agar seluruh jajaran dapat meningkatkan disiplin kerja dan meningkatkan kewaspadaan selama bulan suci Ramadhan.

“Mencermati kondisi yang terjadi di Rutan Siak baru-baru ini saya ingatkan agar seluruh jajaran Cabrutan Namlea dapat meningkatkan disiplin kerjanya, jangan ada ijin atau cuti, tingkatkan kewaspadaanya, buat regu bantuan untuk menambah personil jaga yang ada, serta perbanyak kegiatan yang bersifat positif misalnya kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan,” harap Nico.

Sementara itu disela-sela kegiatan Tim Satgas juga memberikan Tausyiah bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Cabrutan Namlea.

Bertindak sebagai penceramah adalah Ustadz Abdullah Laisouw selaku Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Kanwil kemenkumham Maluku. Dalam ceramahnya, Abdullah berpesan kepada seluruh WBP agar tetap sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan.

“Hidup manusia merupakan sebuah perjalanan, jangan pernah mau berhenti, karena selalu ada harapan. Kita yang ada dibalik jeruji pun demikian, ini bukanlah akhir dari sebuah perjalanan, waktu yang ada kita pakai untuk lebih mendekatkan diri dengan sang khalik sambil fikirkan mau jadi apa ketika kita keluar nanti. Oleh sebab itu isi kegiatan kita selama berada di sini dengan kegiatan yang positif sehingga ketika ke luar kita dapat berguna bagi banyak orang,” pesan Abdullah.

“Jalani dengan ikhlas, tetap sabar, dan perbanyak salat agar jiwa kita tenang dalam menghadapi segala cobaan,” lanjutnya

Menanggapi hal tersebut, Kepala Cabrutan Namlea, Hamdani menyampaikan apresianya atas kunjungan tim dan berjanji akan melaksanakan instruksi yang disampaikan oleh Kadivpas.

“Kami sampaikan apresiasi atas kunjungan tim sekaligus penguatan yang diberikan, baik kepada WBP maupun kepada petugas. Instruksi Bapak Kadivpas akan kami laksanakan segera,” janji Hamdani.

 

Kontributor: Kevin L

Satgas Kamtib Maluku Pastikan Cabrutan Namlea Aman Sambut Lebaran | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya