SEMPOL Lapas Cipinang, Inovasi Bebaskan Antrean dan Tingkatkan Transparansi

Jakarta, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang terus lakukan inovasi dalam pelayanan kunjungan dengan menerapkan Sistem Pendaftaran Online (SEMPOL). Sistem ini berhasil memudahkan keluarga Warga Binaan untuk melakukan kunjungan tanpa harus antre lama.
Kepala Lapas (Kalapas) Cipinang, E.P. Prayer Manik, saat melakukan monitoring layanan kunjungan pada Rabu (9/10) menjelaskan SEMPOL bertujuan memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan meningkatkan transparansi layanan kunjungan. Inovasi ini juga merupakan langkah nyata Lapas Cipinang dalam mendukung 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini, sinergi, penegakan hukum, serta penggunaan teknologi berbasis pelayanan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi Warga Binaan dan keluarga mereka.
"SEMPOL mengurangi potensi terjadinya pungutan liar (pungli) karena sistem ini memastikan semua proses berjalan secara elektronik dan transparan," jelas Kalapas.
Petugas layanan yang bertugas di bagian registrasi, Beqi, menyampaikan manfaat dari SEMPOL tidak sebatas pengurangan waktu tunggu, tetapi membantu upaya mencegah potensi praktik pungli dan gratifikasi. “Dengan sistem ini, semua lebih transparan sehingga peluang untuk pungli bisa ditekan,” ujarnya.
Salah seorang pengunjung Lapas Cipinang, Andriana, ikut merasakan perubahan positif. “Dulu antrean panjang, tapi sekarang semuanya lebih cepat. Saya bisa mendaftar dari rumah dan langsung datang sesuai waktu yang ditentukan,” ungkapnya.
Selain itu, saat menunggu giliran, petugas juga memberikan sosialisasi kepada para pengunjung tentang cara menggunakan SEMPOL untuk kunjungan berikutnya. Edukasi ini agar lebih banyak keluarga memanfaatkan sistem ini sehingga proses kunjungan berjalan lebih tertib dan lancar. (IR)
Kontributor: Lapas Cipinang
What's Your Reaction?






