Terima Tahanan Baru, Lapas Saumlaki Perketat Prokes

Terima Tahanan Baru, Lapas Saumlaki Perketat Prokes

Saumlaki, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki kembali menerima satu tahanan baru yang merupakan tahanan AIII dari Kejaksaan Negeri Maluku Tenggara Barat, Selasa (8/2). Proses penerimaan tahanan baru dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Coronavirus disease (COVID-19) mulai dari proses masuk hingga penempatannya di blok hunian Lapas.

Penerimaan tahanan AIII dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020. Penerapan ketat ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 mengingat tingkat penularannya masih tinggi, apalagi saat ini sudah ada varian baru, yakni Omicron.

David Philippus selaku Kepala Subseksi Admisi dan Orientasi menyampaikan sebelum dilakukan penerimaan tahanan telah dilakukan Rapid Test COVID-19 dengan hasil negatif yang dibuktikan dengan surat hasil Rapid Test. “Kami juga berlakukan beberapa langkah protokol kesehatan, seperti wajib mencuci tangan, menggunakan masker, dan pengecekan suhu tubuh,” ungkapnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi dan fisik, tahanan tersebut diberikan informasi terkait hak dan kewajiban sebagai seorang tahanan serta penjelasan terkait pelaksanaan masa pengenalan lingkungan. “Tetap patuhi aturan yang berlaku. Jika ada keluhan, segera lapor kepada petugas. Jangan lakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban,” tegas Ricky Weridity selaku Kepala Regu Pengamanan IV.

Hal senada disampaikan Kepala Lapas Saumlaki, David Lekatompessy. “Utamakan protokol kesehatan. Jangan ada tindakan kekerasan terhadap tahanan baru. Lakukan Standar Operasional Prosedur yang berlaku,” pintanya.

Selanjutnya, tahanan baru tersebut akan ditempatkan di kamar isolasi hingga 14 hari ke depan dengan terus dilakukan pemantauan oleh petugas Lapas Saumlaki. (IR)

 

Kontributor: Lapas Saumlaki

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0