WBP Lapas Malang Didorong Kembangkan Potensi Wirausaha

Share:

Malang, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Malang bekerja sama dengan UMKM Kota Batu mengadakan pelatihan pembuatan minuman sari apel kemasan, pelbagai olahan keripik, serta bimbingan teknis produksi dan kewira usahaan yang diikuti oleh 150 Warga Binaan Pemasyarakatan(WBP). Pelatihan yang dibuka pada Selasa (10/7) ini bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan potensi sekaligus memberikan bekal keterampilan WBP.

“Saya mengharapkan kegiatan pelatihan kewirausahaan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan, khususnya WBP yang sekarang sedang menjalani masa pidana dan akan segera kembali ke tengah-tengah masyarakat agar menjadi bekal bisa hidup mandiri secara positif,” harap Kepala Lapas Malang, Farid Junaedi.

Pada kesempatan yang sama, Luki selaku Ketua Gapoktan Kecamatan Bumiaji Kota Batu memberikan materi pelatihan didampingi jajaran UMKM Kota Batu yang langsung memberikan praktik sehingga materi yang disampaikan langsung bisa dipahami oleh WBP. Selain itu, ia juga memberikan motivasi dan trik-trik berwirausaha.

pelatihan di Lapas Malang

“Saya berangkat dari nol dan sekarang sudah menjadi eksportir kripik ke luar negeri sampai saya kewalahan mencukupi pesanan,” tutur perempuan yang sukses memiliki banyak gerai pusat oleh-oleh, terutama pusat oleh-oleh D2 di Kota Batu itu.

Salah satu WBP peserta pelatihan, Alex Kurniawan, sangat senang mendapat ilmu wirausaha baru yang bermanfaat.

“Saya mempunyai cita-cita  ingin berwirausaha yang halalan toyyiban seperti Ibu Luki,” tandas terpidana 16 tahun dengan kasus perampokan yang tahun depan akan segera bebas itu.

 

 

Kontributor: Adib/Alfin

WBP Lapas Malang Didorong Kembangkan Potensi Wirausaha | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya