27 Narapidana Dapat Asimilasi di Rumah, Ini Pesan Kalapas Sampit

27 Narapidana Dapat Asimilasi di Rumah, Ini Pesan Kalapas Sampit

Sampit, INFO_PAS Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Sampit, Agung Supriyanto, mengingatkan narapidana yang mendapat program Asimilasi di rumah belum sepenuhnya bebas. Mereka dibebaskan sebagai pencegahan Coronavirus disease (COVID-19) usai memenuhi persyaratan administratif maupun substantif untuk menjalani program Asimilasi di rumah berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 24 Tahun 2021.

Hal ini ditegaskan Kalapas kepada 27 narapidana Lapas Sampit yang dirumahkan, Rabu (14/7). Pada kesempatan itu, ia didampingi Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Suhaimi serta Reza Febriansyah selaku Kepala Subseksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan.

“Tetap patuhi protokol kesehatan COVID-19, ikuti ketentuan yang berlaku, dan apabila melanggar ketentuan yang berlaku, termasuk melakukan tindak pidana lagi, kami akan cabut Surat Keputusan Asimilasi dan kalian akan kembali ke Lapas. Mohon kepada keluarga para narapidana untuk membantu proses pembimbingan dan pengawasannya,” pesan Kalapas.

Ia juga menegaskan program Asimilasi di rumah ini tidak dipungut biaya sama sekali. “Mari kita jaga martabat petugas Pemasyarakataan dengan tidak melakukan pungutan apapun dari pelaksanaan program ini karena semua layanan di Lapas Sampit gratis,” tegas Agung.

Sebelum dirumahkan, ke-27 narapidana ini telah menjalani sejumlah tahapan berupa inventarisasi narapidana yang memenuhi syarat, baik administratif maupun substantif, Penelitian Kemasyarakatan oleh Petugas Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Sampit, Bapas Kelas II Pangkalan Bun, dan Bapas Kelas I Palangkaraya, serta Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan. Mereka juga diberi arahan terkait ketentuan, larangan, dan tata cara pelaporan selama menjalani Asimilasi di rumah.

Para narapidana pun menyatakan akan selalu mematuhi ketentuan selama menjalani program Asimilasi di rumah. Mereka menyampaikan semua proses pengurusan program Asimilasi rumah tidak terdapat pungutan biaya, baik dari Lapas maupun Bapas.

Sebelumnya, pada Jumat (9/7) lalu Lapas Sampit juga telah mengeluarkan tujuh narapidana untuk menjalani Asimilasi di rumah sehingga total sudah mengeluarkan 34 narapidana. Selanjutnya, pembimbingan narapidana akan dibagi menjadi tiga, yakni 22 orang menjalani pembimbingan di Bapas Sampit, tiga orang di Bapas Pangkalan Bun, dan dua orang di Bapas Palangka Raya.  (IR)

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0