Bangun Kedisiplinan dan Kekompakan, Petugas Pemasyarakatan Maluku Ikuti FMD

Bangun Kedisiplinan dan Kekompakan, Petugas Pemasyarakatan Maluku Ikuti FMD

Ambon, INFO_PAS – Dalam rangka membentuk kedisplinan dan kekompakan pegawai yang berkualitas dan berintegritas dalam dunia Pemasyarakatan, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan (Rupbasan) Kelas I Ambon menggelar kegiatan Pembinaan Fisik, Mental, dan Disiplin (FMD), Selasa (31/8). Bertempat di Rupbasan Ambon, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Rupbasan yang berjumlah 28 orang dengan melibatkan instruktur dari Resimen Induk Daerah Militer Pattimura.

Kepala Rupbasan Ambon, Ma’ruf Tuasalamony, dalam arahannya menjelaskan tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dan kekompakan pegawai dalam melaksanakan tugas. “Kegiatan FMD ini bertujuan untuk menanamkan rasa percaya diri, kebersamaan, kerja sama, dan disiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Aparatur Sipil Negara,” terang Ma’ruf.

Menurutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Pemasyarakatan berdasarkan tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif) dalam mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Dalam giat yang direncanakan berlangsung satu hari ini, seluruh peserta akan disuguhi materi tentang wawasan kebangsaan, pelatihan fisik, dan Peraturan Baris Berbaris baik teori maupun praktik lapangan. Ma’ruf berharap, kelak petugas dapat menunjukan loyalitas dan integritasnya serta senantiasa bersemangat dalam bekerja dan selalu bersinergi antar sesama pegawai.

“Ke depan semangat ini akan terus kami tumbuhkan demi kemajuan Rupbasan secara khusus dan Pemasyarakatan pada umumnya,” pungkasnya.

Kegiatan serupa digelar oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon dengan menggandeng Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku. Bertempat di Pantai Liang, Kab. Maluku Tengah, petugas Lapas Ambon mengikuti FMD yang dibuka langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Ambon, Saiful Sahri, Selasa (31/8).

Dalam sambuatnya, Saiful menjelasakan bahwa FMD ini dikemas dalam bentuk outbond dengan permainan yang dapat meningkatkan hubungan kerja sama, membentuk tim yang solid, serta membangun sinergi dan kekompakan tim atau kelompok. Kegiatan tersebut diharapkan dapat merajut kebersamaan dan kekompakan antar pegawai guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan narapidana.

“Kami berharap agar petugas Lapas Ambon dapat benar-benar memanfaatkan dengan baik momen ini untuk benar-benar melatih fisik, mental, serta dapat meningkatkan kedisiplinan sehingga mampu meningkatkan kinerja organisasi,” harap Saiful.

Kegiatan FMD petugas Lapas Ambon dipimpin oleh dua instruktur dari BPSDM Provinsi Maluku, yaitu Sunoto dan Penina Kakisina. Pada kegiatan tersebut terlihat petugas Lapas Ambon sangat antusias dalam mengikuti game yang telah disusun oleh panitia. Diharapkan, para petugas dapat memaknai setiap permainan yang diikuti dan menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan tugas demi mencapai visi dan tujuan organisasi. (prv)

 

Kontributor: Rupbasan Ambon, Lapas Ambon

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0