Bapas Purwokerto Tingkatkan Pelayanan Ramah Disabilitas dan Masyarakat Rentan

Bapas Purwokerto Tingkatkan Pelayanan Ramah Disabilitas dan Masyarakat Rentan

Purwokerto, INFO_PAS – Upaya peningkatan kualitas pelayanan publik terus dilakukan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Purwokerto. Kali ini, fokus diberikan pada penyediaan layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas dan masyarakat rentan.

Berbagai fasilitas baru dihadirkan, mulai dari penanda jalan sekaligus akses jalur landai yang memudahkan mobilitas, toilet khusus difabel, area parkir khusus, hingga ruang tunggu prioritas. Tak hanya itu, Bapas Purwokerto juga menyediakan kursi roda dan alat bantu jalan berupa tongkat kruk yang bisa digunakan sewaktu-waktu oleh pengguna layanan. Semua fasilitas ini dihadirkan untuk memberikan kenyamanan dan menghapus hambatan bagi kelompok difabel dalam mengakses layanan publik.

Kepala Bapas Purwokerto, Bluri Wijaksono, menuturkan peningkatan akses inklusif merupakan komitmen dalam mewujudkan pelayanan humanis dan profesional. “Kami ingin memastikan tidak ada masyarakat yang merasa kesulitan saat membutuhkan layanan Bapas. Fasilitas ramah difabel ini kami siapkan agar semua pihak merasakan pelayanan publik yang adil, mudah, dan bermanfaat,” jelasnya, Selasa (16/9).

Langkah ini langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Rina, salah seorang pengguna layanan penyandang disabilitas, mengungkapkan rasa syukur atas perhatian yang diberikan. “Saya sangat terbantu dengan fasilitas yang ada. Petugasnya ramah, jalurnya jelas, ada kursi roda, bahkan ruang tunggu prioritas. Semua ini membuat saya merasa lebih dihargai sebagai warga yang berhak atas pelayanan publik,” pujinya.

Kehadiran fasilitas tersebut tidak hanya menjadi bentuk kepedulian Bapas Purwokerto terhadap kelompok difabel, tetapi juga mencerminkan semangat reformasi birokrasi Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan untuk menghadirkan pelayanan publik yang inklusif. Dengan langkah ini, Bapas Purwokerto berharap menjadi contoh bagi instansi lain dalam menyediakan layanan yang tidak hanya berorientasi pada kecepatan dan ketepatan, tetapi juga mengedepankan nilai kemanusiaan dan kepedulian sosial. (IR)

 

 

Kontributor: Bapas Purwokerto

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0