Bapas Yogya Jadi Anggota Gugus Tugas TPPO

Share:

Yogyakarta, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta didaulat menjadi salah satu anggota tetap Tim Gugus Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Bapas Yogyakarta, M. Ali Syeh Banna, serta Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Yogyakarta, Farid E. Susanta, menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Gugus Tugas (TPPO), Kamis (9/11) di salah satu hotel di Kota Yogyakarta.

“Dalam forum ini, bapas harus meningkatkan  komunikasi dan kerja sama dalam membangun sinergitas antar FKPD,” tutur Ali.

Sebagai informasi, tim ini merupakan lembaga koordinatif yang bertugas mengkoordinasikan upaya pencegahan dan pengawasan TPPO di tingkat daerah yang dibentuk dengan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Selain Bapas Yogyakarta, anggoatanya adalah Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, RSUD, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan, Kanwil Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta, Imigrasi Yogyakarta, LSM, dll.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, R.A. Arida Oetami, mengatakan kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya TPPO yang marak di Indonesia.

“Yogyakarta dinilai  rawan  terhadap terjadinya TPPO sebagai akibat dibangunnya bandara internasional di wilayah Temon, Kulon Progo serta pengembangan tempat wisata di wilayah Yogyakarta,” ujarnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan empat pembicara yang berkompeten dalam bidang ini antara lain dari Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY, Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dalam Kondisi Darurat KPP-PA, Kapolda DIY, dan Ketua Gugus TPPO DIY.

 

 

Kontributor: Ika Pawestri

Bapas Yogya Jadi Anggota Gugus Tugas TPPO | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya