Bimbingan Klien Bapas Balikpapan Libatkan Koramil 0905-03 Balikpapan Selatan

Share:

Balikpapan, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan Kelas II Balikpapan melaksanakan program pembimbingan kemandirian Klien Pemasyarakatan bertema “Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme” yang bekerja sama dengan Komando Rayon Militer 0905-03 Balikpapan Selatan, Senin (28/1). Bertempat di ruang serbaguna Bapas Balikpapan, bimbingan kemandirian ini dihadiri 55 Klien Pemasyarakatan Bapas Balikpapan.

Bertindak sebagai narasumber adalah Komandan Rayon Militer 0905-03, Mayor Riduan. “Saudara ini adalah warga negara Indonesia, bagian penting dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kesalahan-kesalahan yang saudara lakukan jangan menjadikan anda berkecil hati dan merasa terkucilkan. Snda harus bisa bangkit menjadi bagian penting bagi pembangunan Indonesia, menjadi bagian penting dari masyarakat di sekitar anda,” pesan Riduan saat memberikan motivasi dan semangat bagi Klien Pemasyarakatan.

Lebih lanjut, Riduan mengatakan bangsa kita saat ini sedang menghadapi tahun politik. Oleh karena itu, kita harus menjaga keutuhan bangsa ini dari dalam. Jangan hanya karena perbedaan pilihan politik menjadikan kita terpecah belah dan kita yang memegang peranan penting dalam menjaga keutuhan bangsa ini ujarnya.

bimbingan klien Bapas Balikpapan

“TNI menjaga serangan dari bangsa luar, sedangkan anda yang menjadi perekat bangsa,” tambah Riduan.

Selama sekitar 120 menit, seluruh Klien Pemasyarakatan mengikuti imbingan kemandirian ini dengan penuh perhatian, menyimak, dan mengambil banyak pelajaran dari pemaparan materi yang disampaikan.  Diakhir kegiatan, Fera selaku Kepala Sub Seksi Bimbingan Klien Dewasa Bapas Balikpapan mengingatkan para klien agar mematuhi hukum yang berlaku serta berhati hati dalam bertindak dan bersikap selama menjalani program reintegrasi.

“Kewajiban bapak dan ibu tidak hanya wajib lapor, tetapi juga mengikuti seluruh program pembimbingan yang diselenggarakan Bapas Balikpapan, mematuhi peraturan hukum, dan bersikap sesuai norma yang berlaku. Bapak dan ibu juga memiliki peran penting dalam masyarakat. Jadi, jangan berkecil hati dengan status sebagai mantan narapidana. Ketika bapak dan ibu menunjukkan perubahan sikap kearah yang lebih baik, maka masyarakat akan menerima anda dengan baik juga. Buktikan hal tersebut,” tutupnya.

 

 

Kontributor: Bapas Balikpapan

 

Bimbingan Klien Bapas Balikpapan Libatkan Koramil 0905-03 Balikpapan Selatan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya