Deklarasi Bebas Narkoba & HP di Rutan Majene Gandeng BNNK Majene

Share:

Majene, INFO_PAS – Seluruh jajaran petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Majene melaksanakan Deklarasi Bebas Narkoba dan Handphone, Rabu (13/3). Bertempat di Aula Assamalewuang Rutan Majene, acara juga dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen bersama pembangunan zona bebas dari  peredaran handphone.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Majene, Lukman, selaku ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNNK) Majene serta Kompol Abidin Rasyid selaku Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Majene sebagai saksi dalam penandatanganan komitmen bersama pembangunan zona bebas dari peredaran handphone tahun 2019.

Dalam kesempatan ini, Lukman mengharapkan semua WBP menjadikan ini sebagai pengalaman dan tidak mengulangnya saat sudah bebas nanti. “Setelah sekian lama di Rutan Majene, mari kesalahan ini dijadikan pengalaman karena narkoba itu menghancurkan diri kita, keluarga, dan masyarakat. Saya berterima kasih kepada seluruh petugas rutan yang tetap konsisten untuk tetap menjaga Rutan Majene tetap bebas narkoba dan handphone,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Rutan (Karutan) Majene, I Wayan Nurasta Wibawa, bertekad untuk membersihkan Rutan Majene dari peredaran narkoba, handphone, dan pungutan liar (pungli).

“Melalui deklarasi kami bertekad untuk anti narkoba, pungli, serta penyalahgunaan dan peredaran handphone di Rutan Majene demi mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani,” janji Wayan.

Deklarasi Bebas Narkoba dan Handphone

Usai deklarasi, seluruh petugas dan WBP Rutan Majene melakukan tes urin dan diawasi langsung oleh tim dari BNNK Majene.

Pada hari yang sama, Tim Kesehatan Lingkungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majene juga menyambangi Rutan Majene untuk memeriksa dan mengecek kebersihan dan kelayakan dapur, sanitasi, dan air bersih yang ada di rutan.

Nahriah selaku Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dari Dinkes Kabupaten Majene mengungkapkan dapur di Rutan Majene cukup bersih, hanya membutuhkan sedikit pembenahan.

“Dapur di sini cukup bersih, hanya perlu penambahan wadah untuk menempatkan sayuran atau ikan saat ingin disimpan atau diolah menjadi makanan,” terang Nahriah.

Terkait hal ini, pihak rutan sudah mengupayakan kebersihan dan kesehatan dapur selalu terjaga agar WBP selalu sehat. “Beberapa waktu yang lalu kami mengikuti lomba kebersihan dapur secara nasional. Kami bersyukur dapur di sini tergolong bersih dan penyajian makanan pun sangat baik,” pungkas Karutan.

 

 

Kontributor: Rutan Majene

Deklarasi Bebas Narkoba & HP di Rutan Majene Gandeng BNNK Majene | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya