Dirjen PAS Tekankan Pentingnya Pembangunan Ekonomi Lapas

Share:

Jakarta, INFO_PAS –  Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, menekankan pentingnya membangun ekonomi dari dalam lapas/rutan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini disampaikannya dalam Rapat Kerja Pembinaan dan Penguatan kepada Divisi Pemasyarakatan seluruh Indonesia yang berlangsung tanggal 14-15 Mei di Hotel Merlynn Park, Jakarta.

“SDM adalah modal yang paling mahal. Kita punya SDM narapidana yang bisa kita cetak menjadi manusia andal,” ujar Utami, Senin (14/5) malam.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Direktorat Jendeal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), dari sekitar 163 ribu narapidana usia produktif, hanya dua ribuan orang yang melakukan kegiatan kerja produktif. Selain itu, dari 307 lapas seluruh Indonesia, hanya 11 lapas yang sukses mengekspor barang hasil produksi.

“Optimalkan narapidana yang kita punya. Ajak pihak swasta berkontribusi melakukan pembinaan dengan cara memberikan pelatihan kerja kepada narapidana atau bisa memperkerjakan serta membeli hasil barang produksi narapidana,” pesan Utami.

pengarahan Dirjen PAS

Menurutnya, pelatihan kerja kepada narapidana akan menghasilkan barang atau jasa yang bernilai ekonomi. Apalagi di era milenial ini dibutuhkan pekerja yang memiliki keahlian spesifik di bidangnya seiring semakin banyaknya bidang pekerjaan.

“SDM narapidana diharapkan akan terbangun menjadi lebih baik dari pelatihan tersebut,” harap Utami.

Rapat Kerja Pembinaan dan Penguatan kepada Divisi Pemasyarakatan seluruh Indonesia itu diikuti Kepala Divisi Pemasyarakatan serta 99 Kepala Lapas dan Rutan seluruh Indonesia, pimpinan tinggi di lingkungan Ditjen PAS, serta dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Rantan Sariwanto, dan Inspektur Jenderal, AIdir Amin Daud.

Selain membahas pembangunan ekonomi dan SDM lapas/rutan, dibahas pula rencana kegiatan bakti kepada negeri merah putih narapidana seperti memperbaiki jalan, membangun rumah ibadah yang akan diluncurkan tanggal 20 Mei 2018.

Dirjen PAS Tekankan Pentingnya Pembangunan Ekonomi Lapas | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya