Jelang Imlek, WBP Bersih Bersih Vihara Lapas Cipinang

Jelang Imlek, WBP Bersih Bersih Vihara Lapas Cipinang

Jakarta, INFO_PAS - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) beragama Buddha Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang tampak bergotong royong mencuci rupang (patung) dewa di Vihara Ariyasacca Lapas Cipinang, Jumat (5/2). Ritual pencucian patung dewa serta bersih-bersih alat persembahyangan tersebut dilakukan dalam menyambut perayaan tahun baru Imlek tahun 2572.

Pembersihan rupang merupakan bentuk suatu pembinaan kepribadian rohani di Vihara Ariyasacca Lapas Cipinang. Kegiatan bersih-bersih di vihara tidak hanya dilakukan saat ini saja, namun setiap minggunya untuk memperindah dan menjaga kebersihan di lingkungan vihara.

"Pembersihan patung dewa merupakan tradisi sebelum perayaan Imlek. Dalam tradisi ini, bukan hanya membersihkan patung dewa, tapi juga membersihkan tubuh juga dari pikiran, ucapan, dan perbuatan buruk,” ungkap Kepala Lapas Cipinang, Tonny Nainggolan.

Hal senada disampaikan Kabid Pembinaan Lapas Cipinang, Aldikan Nasution. "Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk implementasi kegiatan pembinaan kepribadian bagi WBP, khususnya yang beragama Buddha dan Hindu. Tidak hanya melaksanakan bersih-bersih ini jelang Imlek saja tapi setiap minggunya selalu melaksanakan kebersihan demi kenyamanan dalam beribadah," ujar Aldikan.

Peringatan Imlek tahun ini akan memasuki tahun babi. Menurut kepercayaan umat Buddha, pada tahun babi seluruh urusan akan semakin sulit. "Tahun babi lebih susah dari tahun anjing. Segala urusan agak ribet. Maka, kami harus lebih rajin dalam beribadah," ungkap Budi, salah satu WBP Buddha di Lapas Cipinang. (IR)

 

 

 

Kontributor: Lapas Cipinang

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0