Kakanwil Jateng Tegaskan Potensi Nusakambangan di Bidang Industri

Share:

Nusakambangan, INFO_PAS – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah, Dewa Putu Gde, menegaskan potensi Pulau Nusakambangam tak hanya sebagai ikon penjara di Indonesia, tetapi juga dari segi industri. Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (UPT) Pemasyarakatan se-Nusakambangan, Selasa (22/1).

Pada kesempatan itu, Dewa berkesempatan untuk meninjau kegiatan kerja Warga Binan Pemasyarajatan (WBP) Lapas Permisan, yakni pembuatan batik tulis dan batik cap berkualitas tinggi, pembuatan kerajinan meja seni dan meubel Lapas Kembang Kuning, serta pelbagai produk WBP Lapas Terbuka, yakni minyak serai dan hasil pertambakan.

“Lapas-lapas se-Nusakambangan sangat memungkinkan memiliki progres yang dinamis,” ungkapnya.

Sebelumnya, saat tiba di Pos Wijaya Pura pukul 07.15 WIB, Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah langsung disambut oleh Kepala Lapas (Kalapas) Batu selaku koordinator Nusakambangan, Hendra Eka Putra, Kalapas Pasir Putih, Yandi Suyandi, Komandan Lalu Lintas Wijaya Pura, H.M. Kamal, dan Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Cilacap, Jumadi.

Kakanwil Jateng sambangi Nusakambangan

Kakanwil turut meninjau langsung pemeriksaan serta penggeledahan lalu lintas orang dan barang yang keluar-masuk Nusakambangan sesuai dengan SOP yang berlaku. Selama perjalanan di Pulau Nusakambangan, ia juga melakukan tinjauan dan pantauan UPT Pemasyarakatan secara menyeluruh, mulai dari bangunan Balai Pemasyarakatan Cilacap yang segera beroperasi, lapas-lapas minimum/medium/maximum/high risk security, hingga lapas super maximum security Karanganyar.

Nusakambangan memang menjadi perhatian tersendiri bagi Kakanwil sebagai salah satu pilot project  Revitalisasi Pemasyakatan serta ikon wajah lembaga pemasyarakatan (lapas) Indonesia yang kental akan sejarahnya. Nusakambangan booming sebagai model percontohan Pemasyarakatan Indonesia dimana saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya menggaungkan Revitalisasi Pemasyarakatan dan Nusakambanganlah yang jadi kiblatnya.

“Ini tidak terlepas dari peran semua jajaran dan petugas lapas se-Nusakambangan yang sudah all out dalam memberikan pengabdian,” tutur Dewa.

Untuk itu, ia mengajak para petugas se-Nusakambangan untuk selalu mengimplementasikan nilai-nilai PASTI dan RT dalam setiap pengabdian.

 

 

Kontributor: Humas Nusakambangan

Kakanwil Jateng Tegaskan Potensi Nusakambangan di Bidang Industri | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya