Kalapas & Jajaran Lapas Geser Rutinkan Pemeliharaan Senpi

Kalapas & Jajaran Lapas Geser Rutinkan Pemeliharaan Senpi

Geser, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas III Geser, Idris Kilkoda, serta jajaran subseksi keamanan dan ketertiban (kamtib) lakukan pemeliharaan senjata api (senpi) bersama anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Geser, Rabu (22/9).  Bertempat di Aula Lapas Geser, Idris menerangkan perawatan yang dilakukan secara berkala berfungsi menjaga kondisi senpi itu sendiri serta menunjang kinerja dan kualitas keamanan di Lapas.

“Perawatan ini dilakukan demi kenyamanan saat bertugas. Seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan atau yang mengancam keamanan Lapas, maka senjata tersebut siap untuk digunakan,” terangnya.

Kalapas mengucapkan terima kasih kepada anggota Polsek Geser atas bantuan dan kerja sama yang baik. Ia juga mengimbau anggotanya untuk bertanggung jawab penuh dalam menggunakan senpi yang ada.

Senpi hanya bisa digunakan oleh petugas yang sudah mendapatkan pelatihan fisik atau Kesamaptaan dan pelatihan menembak. Kami juga selalu memperbarui dan mendaftarkan senpi dan buku izin operasional yang dimiliki Lapas Geser kepada pihak Kepolisian,” terang Idris.

Sementara itu, Kepala Unit Resor Kriminal Polsek Geser, Bripka Jufri, mengatakan kegiatan yang digelar merupakan langkah yang tepat dan harus secara rutin dilakukan. “Kami siap sedia membantu. Ini juga merupakan bentuk sinergi yang baik antar kedua instansi,” tutur Jufri.

Selain pemeliharaan senpi, kegiatan ini sekaligus pelatihan bagi anggota jaga Lapas Geser untuk bongkar-pasang senpi. “Selain menggunakan, mereka juga harus tahu bongkar-pasang jika sewaktu-waktu terjadi kemacetan senpi saat digunakan” jelas Kepala Subseksi Kamtib, Joseph Talaud.

Setelah peragaan bongkar-pasang senpi selesai dilakukan oleh anggota Polsek Geser, Kalapas menguji petugas pengamanan untuk kembali memperagakan cara bongkar pasang senpi. (IR)

 

Kontributor: Lapas Geser

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0