Kalapas Kendari Bawakan Materi Bela Negara pada Latsar CPNS

Share:

Kendari, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Kendari, Otong Gunarso, menjadi pemateri pada Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Angkatan 1, 2, dan 3 di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara. Materi tersebut disampaikannya pada Selasa (22/5).

Pada kesempatan itu, Otong menyampaikan materi Kesiapsiagaan Bela Negara yang merupakan salah satu materi dasar pada pelatihan ini. “Kami berharap CPNS penjaga tahanan mampu menunjukan sikap dan perilaku bela negara melalui aktivitas fisik seperti Peraturan Baris Berbaris, tata upacara sipil, keprotokolan, ketangkasan fisik, dan penguatan mental,” harapnya.

Kalapas Kendari saat menyampaikan materi

Ia juga berharap mereka dapat membangun komitmen dan loyalitas terhadap negara dalam menjalankan tugas sebagai PNS yang profesional.

Otong berpesan agar peserta menjaga mental dan jasmani sehingga dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. “Kesiapsiagaan bela negara sangat erat kaitanya dengan kesiapsiagaan fisik dan jasmani. Aspek tersebut harus dalam keadaan sehat sehingga dapat dengan mudah melakukan kegiatan-kegiatan bela negara yang pada dasarnya mental dan fisik yang sehat sangat dibutuhkan dalam implementasinya,” tuturnya.

Diakhir materi, Kalapas Kendari memberikan kesempatan kepada pembina dan mentor untuk memimpin praktik baris berbaris kepada peserta.

 

 

Kontributor: Rusman Farid

Kalapas Kendari Bawakan Materi Bela Negara pada Latsar CPNS | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya