Kalapas Lahat Dukung Lahat Jadi Kota Layak Anak

Kalapas Lahat Dukung Lahat Jadi Kota Layak Anak

Pagaralam, INFO_PAS - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Lahat, Maliki, menghadiri pertemuan Gugus Tugas Kabupaten / Kota Layak Anak (KLA) di gedung serbaguna Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat, Kamis (23/1). Gugus tugas ini adalah lembaga koordinatif yang beranggotakan wakil dari unsur eksekutif, legislatif,dan yudikatif yang membidangi masalah anak, perguruan tinggi, organisasi non pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, dunia usaha, dan orang tua.

Sebagai Kalapas Lahat, Maliki sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan Kota Kahat sebagai KLA. “Lapas merupakan miniatur dari kehidupan masyarakat luar. Salah satunya adalah anak anak. Di Lapas Lahat juga terdapat tahanan/Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Anak yang harus diberikan perlakuan khusus dalam pembinaannya. Selain itu juga banyak anak-anak dari keluarga WBP/tahanan yang sering berkunjung membesuk keluarganya di lapas,” tuturnya.

Untuk itu, Maliki berupaya menyembatani atau memberikan penguatan bagi anak-anak keluarga narapidana yang terdampak secara psikologis melihat orangtuanya di penjara. “Kami ingin KLA ini mewujudkan Lapas Lahat ramah anak. Saya ingin membangun bagaimana anak dari narapidana mempunyai penguatan psikologis sehingga mereka tetap eksis dalam menjalankan sekolahnya bersama temannya. Kami harapkan dukungan dari semua pihak,” pintanya.

Selain itu, KLA juga sejalan dengan program Kementerian Hukum dan HAM dalam memberikan pelayanan publik berbasis HAM untuk anak-anak dan disabilitas. Dengan adanya lapas ramah anak, kami akan menyediakan waktu khusus Sabtu dan Minggu dengan alokasi waktu yang tak terbatas sehingga anak dapat berinteraksi dan mengurangi dampak psikologis yang terjadi karena keluarganya ada di lapas,” janji Maliki.

 

Kontributor: Rinaldi Ahmad

                                                       

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0