Karutan Bandung Pastikan Semua Layanan Sesuai SOP

Bandung, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandung merespon cepat terhadap postingan di salah satu media sosial yang menyebutkan adanya penyimpangan di Rutan tersebut. Hal ini disampaikan Kepala Rutan Bandung, Pance Daniel, Kamis (6/3).
"Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan informasi adanya dugaan penyimpangan di Rutan Bandung. Tentunya ini sebagai salah satu bahan evaluasi bagi kami. Terkait perihal tersebut, telah kami tindaklanjuti dengan memastikan semua layanan dan kegiatan telah sesuai SOP,” tegas Pance.
Pance mengatakan dalam bidang pengamanan, pihaknya telah meningkatkan intensitas penggeledahan kamar hunian dan penegakan disiplin terhadap Warga Binaan yang melanggar. Penggeledahan kamar hunian juga dilakukan minimal tiga kali dalam sepekan.
"Terhadap Warga Binaan yang tebukti bersalah, berdasarkan hasil pemeriksaan dan Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan, Warga Binaan tersebut telah kami kenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku dan kami rekomendasikan dipindah ke Lembaga Pemasyarakatan lain," jelas Pance.
Selama periode Januari hingga saat ini, sudah ada 55 Warga Binaan yang terbukti bersalah terkait kepemilikan dan penyalahgunaan handphone dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku. "Kami juga telah menyediakan Warung Telekomunikasi Khusus Pemasyarakatan untuk membantu komunikasi Warga Binaan dengan keluarga. Untuk itu, secara tegas kami sampaikan Warga Binaan dilarang memiliki handphone dan akan ditindak secara tegas sebagaimana aturan yang berlaku,“ tegas Pance.
Dalam bidang pelayanan tahanan dan Warga Binaan, Rutan Bandung juga pastikan semua layanan gratis tanpa dipungut biaya apapun. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya surat pernyataan tidak dipungut biaya yang dibuat sebagai salah satu persyaratan dalam pengajuan layanan pada seksi pelayanan tahanan.
“Terkait layanan integrasi, baik PB, CB, maupun CMB, semua kami berikan gratis. Sebagai bentuk transparansi, proses layanan tersebut dapat melihat langsung oleh pihak keluarga secara online melalui salah satu inovasi kami, yaitu SIBARAYA,” terang Pance.
Ke depannya, Rutan Bandung berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas layanan, baik untuk Warga Binaan maupun masyarakat. (IR)
Kontributor: Rutan Bandung
What's Your Reaction?






