Kolaborasi Ditjen PAS-YPPas Bantu Solusi Permasalahan Pemasyarakatan

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) menyepakati Perjanjian Kerja Sama dengan Yayasan Peduli Pemasyarakatan (YPPas), Rabu (31/1) di Graha Bhakti Pemasyarakatan. Kolaborasi ini mengusung kajian tentang Sistem Pemasyarakatan, pemenuhan hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan, serta kajian dan bantuan hukum bagi petugas Pemasyarakatan

“Kami berharap YPPas bukan hanya sebagai media purnabhakti yang bisa dibanggakan oleh Pemasyarakatan, namun juga menjadi mitra aktif, memberikan masukan membangun dan positif, serta menjadi media solusi dan supporting permasalahan yang dihadapi Pemasyarakatan,” kata Sihabudin selaku Ketua Pengurus YPPas yang hadir bersama pengurus yayasan lainnya, yakni para purnabhakti Pemasyarakatan yang pernah berkiprah di jajaran Eselon I dan II Kementerian Hukum dan HAM.

Pria yang pernah mengabdi sebagai Direktur Jenderal Pemasyarakatan ini mengungkapkan keingingan besar YPPas untuk bisa berkiprah secara maksimal bagi Pemasyarakatan hingga ke daerah serta peduli pada eksistensi Pemasyarakatan dengan segala permasalahannya.

PKS Ditjen PAS dengan YPPas

Sementara itu,  Marjoeki selaku Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan menyambut baik kiprah para purnabhakti Pemasyarakatan di YPPas. Menurutnya, perjanjian kerja sama tersebut menjadi harapan besar bagi Pemasyarakatan untuk mendapatkan masukan dan solusi efektif bagi penyelenggaraan Pemasyarakatan kedepannya.

“ YPPas akan menjadi kontribusi positif  bagi permasalahan Pemasyarakatan yang tak pernah surut,” urainya.

Marjoeki kembali menekankan peliknya permasalahan yang masih dihadapi Pemasyarakatan. Penambahan  14.000 petugas Pemasyarakatan juga menjadi PR besar untuk meningkatkan kualitasnya. “Orientasi CPNS yang sedang dilaksanakan di seluruh wilayah diharapkan menjadi metode mencetak SDM yang berintegritas dan berkompeten,” harap Mardjoeki.

Selanjutnya, masih maraknya peredaran gelap narkoba menjadi permasalahan yang menjadi tuntutan masyarakat untuk segera dituntaskan. Disinilah YPPas hadir sebagai partner yang akan melakukan dukungan nyata kepada Ditjen PAS berupa pemberian masukan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan serta pemberian bantuan dan penyuluhan hukum kepada petugas Pemasyarakatan dan narapidana/tahanan.

PKS Ditjen PAS dengan YPPas

”Kami juga akan mengembangkan peran sebagai mediator bagi narapidana, tahanan, masyarakat dengan pemangku kebijakan Pemasyarakatan dan juga pemangku kepentingan lainya untuk memperlancar akses layanan hak-hak mereka sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Sihabbudin.

“Pengembangan dan pemberdayaan SDM Pemasyarakatan dan memanfaatkan potensi masyarakat guna mendukung pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan dan menyebarluaskan prinsip-prinsip Pemasayarakatan,” tambahnya.

Selain para purnabhakti Pemasyarakatan, hadir pada acara tersebut antara lain Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di lingkungan Ditjen PAS.

Kolaborasi Ditjen PAS-YPPas Bantu Solusi Permasalahan Pemasyarakatan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya