Latihan Fisik, Mental, dan Disiplin Tempa Jajaran Bapas Pati

Share:

Pati, INFO_PAS – Sebanyak 12 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pati ditempa kegiatan fisik, mental, dan disiplin, Sabtu (10/3) lalu. Tak hanya CPNS, seluruh jajaran Bapas Pati juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan bertema “Kebersamaan Adalah Keberhasilan Bersama” tersebut.

Kepala Bapas Pati, Bagus Sumartono, menuturkan ini merupakan sarana pengembangan individu maupun team agar selalu terjalin komunikasi yang efektif menuju kerja sama yang lebih baik serta sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi dan semangat dalam berkinerja.

“Pelatihan ini bertujuan agar kita dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan berkinerja dapat menyesuaian diri dalam situasi dan kondisi apapun juga,” terang Bagus.

Ia berharap dengan kegiatan seperti in peserta dapat menyadari bahwa apa yang dilakukan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kebersamaan karena antar individu saling membutuhkan satu sama lainnya.

Latihan Fisik, Mental, dan Disiplin

“Keberhasilan seorang individu merupakan keberhasilan bersama, sedangkan kegagalan yang terjadi karena kesalahan individu akan mempengaruhi nilai keberhasilan secara keseluruhan,” tambah Bagus.

Selama kegiatan, peserta dilibatkan dalam permainan yang dibagi dalam empat kelompok. Model permainan yang disajikan meliputi rolling hole, bola gila, dan jembatan bambu untuk melatih setiap peserta mampu berkomunikasi yang efektif dengan anggota lain dalam kelompoknya.

Setiap kelompok tersebut diasumsikan sebagai sebuah organisasi dan permainan sebagai konflik yang terdapat dalam organisasi tersebut sehingga faktor yang sangat penting adalah kerja sama tim untuk menentukan keberhasilan dan mengatasi masalah yang timbul dalam tiap kelompok.

“Semoga peserta dapat mengimplementasikannya dalam menyelesaikan tugas-tugas kedinasan sehari-hari. Ternyata, bahu-membahu, kekompakan, dan kerja sama team merupakan hal yang sangat menentukan keberhasilan dalam bekerja,” pungkas Bagus.

 

 

Kontributor: Muslim

Latihan Fisik, Mental, dan Disiplin Tempa Jajaran Bapas Pati | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya