Layanan Wartelsus Permudah Komunikasi WBP dengan Keluarga
Ambon, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon terus berikan layanan terbaik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), salah satunya lewat komunikasi. Apalagi, kunjungan orang sementara diganti dengan layanan titipan barang selama pandemi COVID-19 sehingga Rutan Ambon menyediakan warung telekomunikasi khusus (wartelsus) agar WBP dapat dengan mudah berkomunikasi dengan keluarganya via telepon atau video call.
“Kami memahami betul apa yang dirasakan WBP, bagaimana mereka terpisah dari keluarga, istri, dan anak-anak mereka. Untuk mengobati rasa kangen mereka kepada keluarga, kami sediakan layanan komunikasi berupa telepon dan video call,” terang Kepala Rutan Ambon, Jose Quelo, Selasa (19/4).
Jose menuturkan dengan adanya wartelsus setidaknya dapat menekan peredaran handphone masuk ke Rutan Ambon karena termasuk barang terlarang. Ini juga merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di mana WBP dilarang menggunakan alat komunikasi pribadi.
“Sebagai gantinya, kami sediakan wartelsus yang dilengkapi fasilitas video call. Kami juga siapkan petugas jaga untuk memonitor seluruh kegiatan di wartelsus guna menghindari penyalahgunaan fasilitas oleh WBP,” tambah Jose.
Salah satu WBP berisinial AM merasa terbantu dengan adanya wartelsus sebab selama menjalani masa pidana di Rutan Ambon. ia tidak pernah bertemu dengan anak dan istrinya. Dengan adanya wartelsus setidaknya dapat mengobati rasa kangennya dengan anak dan istrinya.
"Terima kasih Rutan Ambon atas layanan wartelsus. Sungguh sangat membantu kami WBP di Rutan untuk dapat bertemu dengan keluarga walaupun hanya lewat video call,” ucapnya. (IR)
Kontributor: Rutan Ambon