Ombudsman Perwakilan Provinsi Maluku Puji Inovasi Lapas Piru

Ombudsman Perwakilan Provinsi Maluku Puji Inovasi Lapas Piru

Piru, INFO_PAS Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Piru menerima kunjungan dari Ombudsman Perwakilan Provinsi Maluku. Selasa, (27/7). Kunjungan yang dilakukan Ketua Ombudsman Perwakilan Provinsi Maluku, Hasan Slamat, ini merupakan tindak lanjut dan asistensi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Lapas (Kalapas) Piru, Taufik Rachman, memaparkan ide kreatif dan inovasi berbasis IT, yaitu Sistem Aplikasi Layanan dan Pengawasan Kinerja Lapas Piru atau SALAWAKU berbasis Android yang telah dibuat jajarannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan dan kenyamanan masyarakat. Inovasi tersebut merupakan implementasi dari slogan Lapas Piru, “IDAMAN”, yang berarti Indah, Damai, Aman, dan Nyaman.

“Pandemi COVID-19 memaksa kita untuk manjaga diri dari kontak dengan sesama dan menjaga jarak. Hal ini tentunya berpengaruh bagi pelayanan kami terhadap masyarakat. Menjawab kendala tersebut, kami sediakan layanan terpadu berbasis Android yang dapat diakses masyarakat,” ucap Kalapas.

Ia menambahkan ini adalah wujud pelayanan prima yang diberikan sehingga masyarakat tetap merasa aman dan nyaman memperoleh layanan tanpa harus bertatap muka dengan petugas. Sarana dan prasarana penunjang di Lapas, seperti ruang laktasi, playground, dan aksesibilitas bagi kaum difabel, khususnya tuna daksa, juga dibenahi.

“Kami juga membekali skill Warga Binaan Pemasyarakatan dalam pembinaan kemandirian bidang pertanian, yaitu budidaya tanaman hortikultura dan bidang peternakan, yaitu budidaya ayam petelur,” jelas Taufik.

Ketua Ombudsman Perwakilan Provinsi Maluku, Hasan Slamat, mengapresiasi tekad kuat dan komitmen jajaran Lapas Piru dalam membangun pelayanan prima. “Kami sangat mengapresiasi kinerja jajaran Lapas Piru atas inovasi dan terobosan kreatif yang telah dilakukan untuk mempermudah pelayanan sekaligus wujud nyata kepedulian dalam memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat,” pujinya.

Hasan juga kagum dengan kegiatan pertanian dan peternakan ayam petelur yang sejatinya dapat menjawab krisis pangan. “Pesan kami, tetap semangat dalam mempertahankan dan mengembangkan kinerja yang baik dalam mewujudkan pelayanan publik yang maksimal. Mudah-mudahan hasil kinerja ini menjadi bentuk ikhtiar untuk mewujudkan ZI menuju WBK/WBBM,” harapnya. (IR)

 

 

Kontributor: Janniie

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0