Peduli Kesehatan Mental dan Fisik Klien, Bapas Tarakan Gelar Bimbingan Kepribadian

Peduli Kesehatan Mental dan Fisik Klien, Bapas Tarakan Gelar Bimbingan Kepribadian

Tarakan, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan gelar bimbingan dan pendampingan kepribadian bertema "Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Mental dan Fisik Klien Bapas Tarakan” mulai Senin (17/7). Selama dua hari hingga Selasa (18/7), kegiatan yang berkolaborasi dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kalimantan Utara dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kalimantan Utara tersebut diikuti 20 Klien Pemasyarakatan.

“Kami berharap Klien Pemasyarakatan mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Narasumber yang hadir pada kali ini adalah narasumber yang kompeten sehingga harapannya kita semua selalu sehat, baik fisik maupun mental,” harap Pelaksana Harian Kepala Bapas Tarakan, Arusmen Simbolon.

Materi hari pertama bimbingan kemandirian disampaikan oleh Sulistiyowati selaku Ketua HIMPSI Kalimantan Utara yang membahas kesehatan mental. Ia menjelaskan pengertian sehat mental adalah terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi jiwa dan merasakan secara positif kebahagiaan. “Ciri mental yang sehat meliputi bersyukur, berpikir positif, disiplin, bertanggung jawab, hormat, dan menghargai,” urainya.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dewy Haryanti Parman selaku Ketua PPNI Kalimantan Utara mengenai kesadaran kesehatan fisik, seperti pengertian sehat, konsep sakit, pemeriksaan kesehatan, serta tips pengendalian faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan perilaku cerdik dan patuh.

Usai materi, kegiatan berlanjut dengan pemeriksaan kesehatan dan screening PTM oleh tim dari PPNI bagi Klien Bapas Tarakan. “Harapannya nanti Klien lebih tahu kondisi kesehatan. Jadi, bisa mengubah dan lebih memahami tentang kesehatan fisik,” harap Dewy.

Di akhir kegiatan, Kepala Subseksi Bimbingan Klien Dewasa, Dwi Prasetio, menyampaikan terima kasih kepada HIMPSI dan PPNI yang telah memberikan edukasi, motivasi, dan semangat serta berharap ke depannya akan terus ada sinergi antara Bapas Tarakan, HIMPSI, dan PPNI. “Semoga HIMPSI maupun PPNI terus mendukung kegiatan kami. Terima kasih juga kepada Klien Bapas Tarakan atas kehadiran dan antusiasmenya. Apa yang telah diterima dari HIMPSI dan PPNI agar diresapi di rumah dan jangan lupa wajib lapor secara rutin,” pesannya.

Salah satu Klien Bapas Tarakan berinisial N menyambut baik dan berterima kasih atas terselenggaranya bimbingan tersebut. “Tidak ada kata terlambat untuk bertobat, tidak ada kata terlambat untuk menjadi hebat,” pungkasnya. (IR)

 

Kontributor: Bapas Tarakan

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0