Petugas & DWP Lapas Sarolangun Jalani Rapid Test

Petugas & DWP Lapas Sarolangun Jalani Rapid Test

Sarolangun, INFO_PAS - Seluruh petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sarolangun dan sebagian anggota Darma Wanita Perempuan (DWP) menjalani rapid test di gazebo Lapas Sarolangun, Selasa (4/8). Ini merupakan skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi tubuh untuk melawan Coronavirus disease (COVID-19).

 

Pelaksanaan rapid test didasarkan nota dinas Kepala Lapas (Kalapas) Sarolangun Nomor: W.5.PAS.13.KP.09.01-932 dimana sehari sebelumnya Kalapas, Irwan, bergerak cepat menemui Wakil Bupati Sarolangun, Hilallatil Badri, terkait koordinasi bantuan alat rapid test dan tenaga medis yang melakukan tes.

 

"Alhamdulillah, beliau mengabulkan permintaan kami terkait bantuan alat rapid test dan tenaga medis yang melakukan tes karena ini bukan saja berkaitan dengan keselamatan petugas, tetapi juga keselamatan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan," ungkap Irwan.

Alasan petugas menjadi prioritas utama dilakukan rapid test, Kalapas mengatakan karena petugas rata-rata bergaul dan dengan masyarakat. Bahkan, sebagian ada yang keluarganya di luar kabupaten, luar provinsi, dan di Pulau Jawa.

 

"Sejak diberlakukan new normal, sebagian petugas ada yang pulang kampung bertemu keluarga, baik antar kabupaten, provinsi, maupun antar pulau. Tentu sangat rentan terpapar COVID-19. Yang dikhawatirkan adalah orang tanpa gejala. Terlihat segar bugar, tetapi membawa virus," tambah Irwan.

 

Dari rapid test yang dilakukan tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun terhadap petugas Lapas Sarolangun dan sebagian anggota DWP, hasil semuanya nonreaktif COVID-19.

 

 

 

Kontributor: Lapas Sarolangun

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0