Rutan Kuala Kapuas Pindahkan 20 Narapidana ke Lapas Palangka Raya & LPN Kasongan

Rutan Kuala Kapuas Pindahkan 20 Narapidana ke Lapas Palangka Raya & LPN Kasongan

Kuala Kapuas, INFO_PAS - Sebanyak 20 narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya dan Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan, Rabu (10/3). Narapidana yang dipindahkan antara lain 10 narapidana kasus narkotika ke Lapas Narkotika Kasongan dan 10 narapidana tindak pidana umum ke Lapas Palangka Raya. Pengiriman ini dilakukan sekira pukul 06.00 WIB dengan pengawalan Kepolisian Resor Kapuas.

Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto, melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Julianoor, membenarkan adanya pemindahan narapidana tersebut.

“Pengiriman narapidana ini sebagai penanganan masalah over capacity karena jumlah penghuni di Rutan Kuala Kapuas ada 297 orang, sementara kapasitasnya hanya 200 orang sehingga perlahan harus dipindahkan,” jelasnya.

Pemindahan tersebut lanjut Julianoor, juga untuk meningkatkan kualitas pembinaan narapidana tersebut agar mendapatkan pembinaan yang lebih baik di Lapas. “Lapas kan tempatnya pembinaan bagi narapidanaa, sedangkan fungsi Rutan adalah untuk penitipan tahanan selama proses peradilan sebagaimana dalam peraturan,” sambungnya. (IR)

 

 

Kontributor: Rutan Kuala Kapuas

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0