Rutan Padang Panjang Sepakati MoU dengan Kodim Tanah Datar

Share:

Padang Panjang, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang Panjang menyepakati nota kesepahaman tentang peningkatan wawasan kebangsaan dan bela negara dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0307 Tanah Datar. MoU tersebut ditandatangani Kepala Rutan (Karutan) Padang Panjang, Don Victor Dela Cruya, dan Komandan Kodim (Dandim) 0307 Tanah Datar, Nandang Dimyati, Jumat (19/1).

Bertempat di Aula Kodim Kodim 0307 Tanah Datar, penandatanganan tersebut turut dilakukan bersama Pemerintah Kota Padang Panjang dan Pemerintah Daerah Tanah Datar.

Karutan Padang Panjang, Don Victor Dela Cruya, menyampaikandengan terlaksananya Nnota kesepahaman ini diharapkan dapat  meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara, khususnya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta petugas Pemasyarakatan.

“Kami berharap kedepannya kegiatan ini dapat berjalan secara konsisten dan berkesinambungan sehingga terjalin kerja samadalam meningkatkan pembinaan kedisiplinan, pengetahuan senjata, dan peningkatan kemampuan menembak bagi para petugas rutan,” harap Don Victor.

“Sementara untuk para WBP diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara untuk membentuk pola sikap dan perilaku serta karakter mereka agar memiliki kecintaan tehadap tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta menghayati dan mengamalkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sehingga WBP memiliki akan hak, kewajiban, serta tanggung jawab sebagai warga negara yang rela berkorban untuk membela bangsa dan negara,” lanjutnya.

MoU peningkatan wawasan kebangsaan dan bela negara

Menurut Karutan, bela negara saat ini bukan lagi harus angkat senjata untuk berperang, tetapi dengan mendukung program pemerintah untuk kemasyarakatan demi mewujudkan masyarakat yang memiliki generasi penerus cita-cita bangsa, khususnya para WBP agar memiliki kesadaran dan kembali memiliki semangat bela negara.

“Paling tidak mampu meminiimalisir dampak negativefyang terjadi ditengah-tengah masyarakat, tambahnya.

Smentara itu, Dandim 0307 Tanah Datar Nandang Dimyati, mengatakan MoU bersama rutan dan pemerintah daerah ini hendaknya mampu membangun kembali penguatan semangat dan penanaman nilai- nilai kebangsaan dan rasa bela negara bagi masyarakat, terutama bagi generasi muda sekarang.

“Untuk mengawal bangsa ini diperlukan peran dari semua komponen masyarakat, terutama para generasi muda yang memiliki moral serta memiliki semangat bela negara dan cinta tanah air sehingga tidak mudah terhasut paham lain yang bisa menimbulkan permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” harapnya.

 

 

Kontributor: Aldi

 

Rutan Padang Panjang Sepakati MoU dengan Kodim Tanah Datar | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya