Sesditjen PAS: Nusakambangan Penopang Pemasyarakatan Indonesia

Share:

Nusakambangan, INFO_PAS – Nusakambangan adalah penopang Pemasyarakatan Indonesia karena sejak dulu menjadi bagian dari Pemasyarakatan di Indonesia yang kental akan sejarahnya. Bahkan, Pemasyarakatan di Nusakambangan berpotensi mengendalikan Pemasyarakatan seluruh Indonesia.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Ibnu Chuldun, kala memimpin rapat internal dengan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Nusakambangan dan Cilacap, Selasa (9/4) di Aula Dermaga Wijayapura, Kabupaten Cilacap

Ia mencontohkan Nusakambangan sudah sering menerima pemindahan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari pelbagai wilayah di Indonesia yang tidak bisa diatur atau sering ‘bikin ulah’ di lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rumah tahanan negara (rutan) sebelumnya.

“Itu menjadikan Nusakambangan sebagai solusi bila seorang WBP tidak bisa diatur dan dibina karena ‘bandel’. Akhir-akhir  ini, lapas di Nusakambangan telah menerima pemindahan WBP dari lapas dan rutan wilayah-wilayah luar seperti Jakarta, Medan, Banjarmasin, Bali, dan lain-lain,” terang Ibnu.

arahan Sesditjen PAS

Ia menuturkan Nusakambangan sebenarnya memiliki potensi yang hebat baik dilihat dari segi alamnya maupun dilihat dari sejarah dan marwahnya. Nusakambangan selalu menjadi perhatian tersendiri bagi pimpinan-pimpinan di pusat.

“Kedepannya, kami akan meningkatkan anggaran khusus untuk Nusakambangan demi mewujudkan Revitalisasi Pemasyarakatan secara nyata yang menjadikan Nusakambangan sebagai ‘pilot project’ secara nasional dan universal,” janji Ibnu.

Koordinator lapas se-Nusakambangan yang juga Kepala Lapas Batu, Erwedi Supriyatno, menyatakan kesiapannya merealisasikan Revitalisasi Pemasyarakatan. “Kami siap menerima pindahan WBP dari lapas dan rutan manapun jika itu memang diperlukan. Di sinilah, di Nusakambangan, kiblatnya Revitalisasi Pemasyarakatan,” tegasnya.

 

 

Kontributor: Yoga Dwi Putra Permana

Sesditjen PAS: Nusakambangan Penopang Pemasyarakatan Indonesia | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya