Sidak di Cabrutan Saumlaki Tak Temukan Halinar

Share:

Saumlaki, INFO_PAS – Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Maluku, Frans Elias Nico, bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Senin (6/8) di Cabang Rumah Tahanan Negara (Cabrutan) Saumlaki tidak menemukan handphone, pungutan liar maupun narkoba (halinar).

“Sidak yang kami dilakukan ini merupakan komitmen Satgas Kamtib Maluku untuk memastikan lapas/rutan di Maluku bebas dari peredaran halinar maupun barang terlarang lainnya,” tegas Nico.

Dalam penggeledahan yang dibantu petugas dan Calon Pegawai Negeri Sipil Cabrutan Saumlaki tersebut berhasil menyita barang-barang seperti kabel listrik, gelas kaca, paku, silet, sendok besi, panci aluminium, dan korek api gas.

sidak di Cabrutan Saumlaki

Atas temuan itu, Kepala Bidang Keamanan Kanwil Kemenkumham Maluku, Lissa Kiessya, berpesan kepada para penghuni untuk sama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban di dalam rutan. “Jadikan rutan ini sebagai rumah bersama. Oleh sebab itu, mari sama-sama kita taati setiap aturan yang berlaku dan ciptakan situasi yang aman. Waktu yang ada jangan dibuang untuk sesuatu yang tidak berguna, tetapi pikirkanlah inovasi-inovasi yang bisa kita kembangkan bersma,” pesan Lisa.

Diakhir sidak, Kadiv PAS bersama Tim Satgas Maluku melakukan briefing bagi pejabat dan petugas Cabrutan Saumlaki. Pada kesempatan tersebut, Kadiv PAS menekankan pentingnya menjaga integritas petugas Pemasyarakatan.

“Belakangan ini kita disorot terkait integritas kita sebagai petugas Pemasyarakatan. Jadi, saya berharap petugas di Saumlaki tidak ikut menyumbang masalah. Jaga integritas dan kehormatan kita sebagai petugas Pemasyarakatan,” pesan Nico.

Atas perintah tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Cabang Rutan Saumlaki, Janes Tiwery, berjanji akanmelaksanakannya. “Ini merupakan awal yang baik bagi saya mengawali tugas sebagai Plt. di sini. Wejangan dan perintah Bapak Kadiv akan kami laksanakan,” janjinya.

 

 

Kontributor: Kevin L.

Sidak di Cabrutan Saumlaki Tak Temukan Halinar | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya