Standarkan Budaya Pelayanan Prima, Lapas Rangkasbitung Gandeng BRI Rangkasbitung
Rangkasbitung, INFO PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Rangkasbitung gelar sosialisasi budaya pelayanan prima bagi jajarannya, Rabu (15/3). Upaya mewujudkan peningkatan budaya pelayanan prima di Lapas Rangkasbitung ini menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Rangkasbitung.
Suriyanta Leonardo Situmorang selaku Kepala Lapas Rangkasbitung menyebut pelayanan petugas Lapas masa kini sudah jauh berbeda. Kini, Lapas turut serta menerapkan budaya layanan prima.
“Sebagaimana kita ketahui, Bapak Direktur Jenderal dengan tegas menyampaikan bahwa Pemasyarakatan sejatinya adalah pelayan publik. Oleh karena itu, pelayanan prima harus diimplementasikan dengan sebaik-baik. Kita sharing dengan standar pelayanan di bank dan tentu saja di Lapas juga sama, khususnya terkait hak-hak Warga Binaan,” ucap Surya, sapaan akrabnya.
Selaku narasumber, Bilal Rahman Sapiya yang merupakan Relationship Manajer Briguna PT BRI Cabang Rangkasbitung menyampaikan public services yang meliputi kesederhanaan, kejelasan dan keterbukaan, keamanan, efesiensi, ekonomis, keadilan yang merata, serta ketepatan waktu merupakan hal yang perlu dipahami dan diterapkan di tempat kerja.
“Anggaplah Bapak/Ibu adalah penjual dan masyarakat sebagai pelanggannya. Bapak/Ibu adalah teller dan masyarakat adalah nasabahnya. Dengan analogi tersebut dan pepatah customer adalah raja, dapat disimpulkan bahwa pelayanan prima memang sudah selayaknya kita berikan kepada masyarakat serta selalu terapkan budaya senyum dan sapa. Bapak/Ibu harus peduli dengan lingkungan dan masyarakat yang dilayani. Selain itu, setiap pekerjaan juga harus selalu berorientasi pelayanan dan petugas Lapas dapat menerapkan itu,” tegas Bilal. (IR)
Kontributor: Lapas Rangkasbitung