Terima Narapidana dan Tahanan Baru, Lapas Sampit Terapkan Protokol Kesehatan

Terima Narapidana dan Tahanan Baru, Lapas Sampit Terapkan Protokol Kesehatan

Sampit, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit kembali menerima 22 penghuni baru, Rabu (8/7), yakni 15 narapidana dewasa dan dua Anak yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dimana sebelumnya ditahan di Kepolisian Resor (Polres) Kotawaringin Timur serta lima tahanan Polres Kotawaringin Timur.

Seperti penerimaan tahanan baru di Lapas Sampit sebelumnya, penerimaan kali ini juga menerapkan protokol kesehatan dari proses masuk hingga proses penempatan pada blok kamar hunian sebagaimana Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020.

Kepala Lapas Sampit Agung Supriyanto, menjelaskan sudah ada koordinasi sebelumnya antara Polres, Kejaksaan Negeri, dan Pengadilan Negeri Sampit dengan pihak lapas mengenai waktu penerimaan narapidana dan tahanan baru. “Kami telah siapkan proses penerimaan, termasuk penyiapan kamar isolasi khusus yang telah dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum ditempati penghuni baru," jelasnya.

Agung menambahkan pihaknya terus menerapkan protokol kesehatan dalam menerima tahanan dan narapidana baru sesuai ketentuan, yakni harus dilengkapi hasil rapid test nonreaktif, pengecekan suhu tubuh, memakai masker, masuk box strerilisasi, disetrilkan barang bawaannya, serta pengecekan kesehatan oleh petugas khusus berpakaian Alat Pelindung Diri. Tahanan dan narapidana baru juga wajib masuk kamar isolasi khusus minimal selama 14 hari.

Tak lupa, Agung memberikan arahan kepada narapidana dan tahanan baru Lapas Sampit. “Kami harus terapkan protokol kesehatan, termasuk isolasi kalian selama 14 hari. Tetap jaga kesehatan kalian dan patuhi tata tertib lapas," pintanya.

 

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0