WBP Lapas Dobo Dapat Asimilasi di Rumah

WBP Lapas Dobo Dapat Asimilasi di Rumah

Dobo, INFO_PAS – Satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Dobo mendapatkan Asimilasi di rumah, Senin (30/8). Hal ini sesuai ketentuan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 24 Tahun 2021 dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19 di lingkungan Pemasyarakatan.

“Setelah mendapatkan surat putusan dan eksekusi dari jaksa, kami lihat WBP sudah memenuhi syarat untuk mendapatakan Asimilasi di rumah serta disetujui dalam Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) dan persyaratan lainnya telah terpenuhi. Maka, ia dikeluarkan dan telah dilakukan penyerahan secara online kepada Balai Pemasyarakatan (Bapas) Saumlaki,” uangkap Kepala Subseksi Admisi dan Orientasi, Max Latukolan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Lapas Dobo, Sony Tanikwele, menyampaikan Asimilasi di rumah bukan berarti telah bebas sepenuhnya. WBP harus mengikuti hal-hal yang disampaikan Bapas Saumlaki, selalu menjaga kesehatan, selalu menerapkan protokol kesehatan, dan juga menghindari segala bentuk tindak pidana yang dapat merugikan diri sendiri.

“WBP akan dipantau oleh orang-orang di sekitarnya. Jika melakukan tindak pidana, maka akan mendapatkan sanksi tegas berupa pencabutan Surat Keputusan Asimilasi di rumah,” tegas Sony.

Ke depannya, pihak Lapas akan kembali memeriksa apakah dalam waktu dekat ini ada WBP yang memenuhi syarat administartif dan substantif untuk diberikan Asimilasi di rumah, yakni narapidana yang sudah memasuki 2/3 masa pidana dan Anak yang memasuki 1/2 masa pidana mulai 1 Juli hingga 31 Desember 2021. (IR)

 

Kontributor: Lapas Dobo

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0