53 Tahanan Lapas Sarolangun Jalani Tes HIV/AIDS

Share:

Sarolangun, INFO_PAS – Sebanyak 53 tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sarolangun menjalani pengecekan dan pemeriksaan HIV/AIDS, Selasa (26/3). Pemeriksaan dilakukan oleh tim medis dari Puskemas Sarolangun yang terdiri dari tiga orang tim laboratorium, tiga orang tim perawat, dua dokter, dan satu apoteker.

Kegiatan ini juga dibantu oleh petugas Lapas Sarolangun dan beberapa anggota jaga. Pengecekan dilakukan terhadap tahanan mengingat mereka adalah orang baru yang masuk ke dalam lapas sehingga mungkin saja selama aktivitas mereka di luar menyebabkan terjangkit HIV/AIDS.

“Pemeriksaan HIV/AIDS terhadap seluruh tahanan Lapas Sarolangun sangat penting agar dapat dilakukan upaya preventif jika ditemukan gejala HIV/AIDS yang menjangkiti salah satu penghuni,” tutur Kepala Lapas Sarolangun, Irwan.

pemeriksaan dan pengecekan HIV/AIDS

Pemeriksaan dan pengecekan HIV/AIDS diawali dengan pengambilan sampel darah terhadap tahanan satu persatu, baik laki-laki maupun perempuan. Selanjutnya dilakukan pengecekan menggunakan strip tes HIV/AIDS yang dibawa oleh tim medis.

Dari hasil pemeriksaan dan pengecekan sampel darah menggunakan alat strip tes HIV/AIDS tidak ditemukan satupun tahanan yang terkena HIV/AIDS. “Kami ingin memastikan bahwa Warga Binaan Pemasyarakatan di sini betul-betul steril dari HIV/AIDS,” harap Irwan.

 

 

Kontributor: Lapas Sarolangun

53 Tahanan Lapas Sarolangun Jalani Tes HIV/AIDS | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya