Bapas Jaktim-Utara Ungkap Kendala Penginputan SDP

Jakarta, INFO_PAS - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Timur Utara mendapat kunjungan dari Sri Zumaeriyah selaku Kepala Sub Dierktorat Data dan Informasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) dan jajarannya, Selasa (19/2). Kedatangan mereka untuk melakukan koordinasi penginputan data SMS Gateway maupun Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Yuliawan Dwi Nugroho, beserta pejabat struktural dan operator SDP Bapas Jakarta Timur-Utara. Kedua pihak membahas permasalahan dan kendala yang dihadapi Bapas Jakarta Timur-Utara dalam penginputan data SMS Gateway maupun SDP. Adapun kendala yang dihadapi disampaikan oleh Mohamad Royan selaku salah satu operator SDP Bapas Jakarta Timur-Utara antara lain :
  1. Fitur Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan tidak berjalan;
  2. Fitur penyelesaian Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) belum diinput;
  3. Fitur sidik jari tidak berj

Bapas Jaktim-Utara Ungkap Kendala Penginputan SDP
Jakarta, INFO_PAS - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Timur Utara mendapat kunjungan dari Sri Zumaeriyah selaku Kepala Sub Dierktorat Data dan Informasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) dan jajarannya, Selasa (19/2). Kedatangan mereka untuk melakukan koordinasi penginputan data SMS Gateway maupun Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Yuliawan Dwi Nugroho, beserta pejabat struktural dan operator SDP Bapas Jakarta Timur-Utara. Kedua pihak membahas permasalahan dan kendala yang dihadapi Bapas Jakarta Timur-Utara dalam penginputan data SMS Gateway maupun SDP. Adapun kendala yang dihadapi disampaikan oleh Mohamad Royan selaku salah satu operator SDP Bapas Jakarta Timur-Utara antara lain :
  1. Fitur Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan tidak berjalan;
  2. Fitur penyelesaian Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) belum diinput;
  3. Fitur sidik jari tidak berjalan;
  4. Fitur Litmas belum sepenuhnya digunakan, aplikasi penginputan Litmas tidak bisa karena ada beberapa kolom di Litmas tidak memadai (berbeda kolom);
  5. Register ada kendala input untuk klien Anak tidak bisa disimpan;
  6. Foto dan ciri-ciri seperti tato dan tindik ketika disimpan dan ditampilkan yang muncul adalah foto orang lain;
  7. Masalah teknis, yakni hanya sebatas jaringan lokal di dalam ruang database yang terhubung ke server sehingga belum terkoneksi ke PC/ laptop masing-masing Pembimbing Kemasyarakatan.
[caption id="attachment_73857" align="aligncenter" width="300"] koordinasi vpenginputan data SMS Gateway dan SDP[/caption] “Beberapa kendala tersebut sedang diupayakan untuk diselesaikan oleh tim dari Sub Direktorat Data dan Informasi,” terang Sri. Ia juga menyampaikan untuk menguatkan sebaiknya membuat surat keputusna yang berisi satu orang operator SDP, Pejabat Eselon IV/V sebagai Verifikator, dan Kepala Bapas sebagai penanggungjawab. “Ketika ada kendala mengenai SDP, maka operator harus melaporkan ke verifikator dan verifikator meneruskan ke Kepala Bapas untuk memerintahkan membuat surat ke Ditjen PAS sehingga kendala dapat segera terselesaikan,” saran Sri. Terakhir, ia juga berpesan untuk memaksimalkan aplikasi Sistem Surat Masuk dan Surat Keluar  (Sisumaker) di Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan.  “Kementerian kita sudah melaksanakan e-government. Jadi, sebaiknya mulai sekarang kita harus bisa menggunakan aplikasi Sisumaker secara maksimal,” pesan Sri.     Kontributor: Bapas Jakarta Timur-Utara

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0