Bimbingan Kepribadian Klien Bapas Sintang Usung Metode Training

Share:

Sintang, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Sintang kegiatan bimbingan kepribadian bertema “Knowing Your Self, Be A Better Person (Kenalilah Diri, Jadilah Pribadi Yang Lebih Baik)”, Selasa (23/4).

Tidak seperti kegiatan sebelumnya, pada bimbingan kepribadian kali ini para Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dan Asisten PK dibawah bimbingan Kepala Bapas Sintang, Sapto Isnugroho, membuat formula baru dengan metode training yang langsung dipimpin oleh PK yang memiliki disiplin ilmu psikologi sebagai Master of Training.

Baseline bimbingan kepribadian ini mengacu pada dimensi-dimensi self awareness Goleman yang terdiri dari kesadaran emosional diri, penilaian diri yang akurat, dan kepercayaan diri. Bentuk kegiatan bimbingan kepribadian dibawakan dalam bentuk role play pada sebuah kegiatan permainan, baik untuk individu maupun kelompok yang mengacu pada dimensi-dimensi self awareness Goleman.

“Kami ingin membantu klien Bapas Sintang untuk semakin menyadari diri dan potensi dirinya serta bisa berkomunikasi dengan baik sehingga mampu bersosialisasi dengan masyarakat. Yang paling penting adalah klien Bapas Sintang mampu meningkatkan kesadaran untuk berpartisipasi aktif di lingkungan masyarakat,” harap Sapto saat membuka kegiatan.

Kegiatan bimbingan kepribadian diikuti 34 klien Bapas Kelas II Sintang yang terdiri perwakilan dari lima kabupaten wilayah kerja Bapas Sintang, yaitu Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Kapuas Hulu, dan Kabupaten Sanggau. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari hingga Kamis (25/4) di Kantor Bapas Sintang.

 

 

Kontributor: Albhi Aprilyanto

Bimbingan Kepribadian Klien Bapas Sintang Usung Metode Training | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya